KOBI Beri Penghargaan Biodiversity Kepada Almarhumah Ani Yudhoyono

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Konsorsium Biologi Indonesia (KOBI) memberikan penghargaan  Biodiversity Award Ke-1  kepada Almarhumah Hj.Kristiani Herrawati Yudhoyono, S.IP. Pemberian penghargaan itu dihadiri oleh keluarga besar Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Annisa Pohan, Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas), Ruby Aliya Rajasa dan Hatta Rajasa.

Dalam kegiatan itu, turut hadir pula Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto dan Wakil Walikota Bogor  Dedie A Rachim serta tamu undangan lainnya.

Ketua KOBI Prof Dr Budi Setiadi Daryono mengatakan bahwa penghargaan tersebut diberikan kepada Ani Yudhoyono atas dedikasi dan kecintaannya kepada lingkungan.

“Beliau adalah ibu negara yang memiliki konsen terhadap lingkungan yang sangat tinggi, sebelum jadi ibu negara juga kita melihat track recordnya ibu Ani memiliki kecintaan terhadap lingkungan,” ucap Budi usai memberikan penghargaan di Gran Garden Resto, Kebun Raya Bogor, Selasa (5/11/2019).

Menurut Budi, karya karya yang sudah dihasilkan oleh Ani Yudhoyono pun sangat banyak dan bermanfaat bagi bidang akademisi dan masyarakat luas.

“Yang paling penting adalah karya, seperti kita tahu tadi ada dua buku yakni 3500 Plant Species of The Botanic Gardens of Indonesia dan Koleksi Tanaman Herbalia Istana Cipanas,  dua varian tadi yang oleh komisi dewan kehormatan KOBI dinilai sebagai salah satu capaian dan peninggalan beliau yang bisa sangat bisa kita lanjutkan, bagi akademisi ini sangat baik jadi dia akan menjadi satu rujukan bagi pustaka bagi para peneliti yang ada di KOBI dan para mahasiswa sehingga kesadaran untuk lingkungan hidup bisa terus kita lestarikan dan kita jaga bersama,” katanya.

Sementara itu, SBY mengatakan rasa terimakasihnya atas penghargaan yang diberikan KOBI kepada ibu Ani Yudhoyono.

“Saya ucapkan terimakasih dan rasa hormat kepada keluarga besar KOBI atas inisiatif dan ketulusan untuk memberikan penghargaan kepada almarhumah istri tercinta ibu Kristiani Herrawati Yudhoyono, semoga apa yang dilakukan KOBI membuka jalan yang lebih lebar untuk melestarikan kehidupan dan sumber sumber kehidupan untuk masa depan dan lingkungan,” kata SBY.

SBY mengatakan bahwa sebelum menjadi ibu negara ibu Ani sangat senang menanam, merawat bunga dan satwa.

“Dulu,pekarangan rumah kami hanya 5×5 meter, tetapi kami menanam bunga, menanang pohon dan kami merawat baik baik. Almarhumah juga menanam cabai dan tomat, sampai akhir hayatnya sehingga kalau bapak ibu berkenan berkunjung ke Cikeas pekarangan kami jadi hutan , hutan yang lestari, hutan yang sejuk dan itu saya pribadi dan almarhumah mencari pohon dan mencari bunga sendiri,” jelasnya.

Senada, AHY pun mengucakan terima kasih kepada KOBI atas penghargaan dan apresiasi atas segala karya dan komitmen sepanjang hidup almarhumah ibu Ani Yudhoyono untuk lingkungan hidup.

“Dimana ibu Ani juga senantiasa aktif menggiatkan berbagai komunitas masyarakat di Indonesia termasuk kaum perempuan untuk menanam pohon sebanyak banyaknya, karena kita ingin bumi Indonesia hijau, menjadi paru paru dunia dan kita bisa menjadi bagian dari solusi pemanasan global dan juga perubahan iklim,” ujarnya AHY. [] Ricky



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *