Kab. Bogor

Klimatologi Bogor Imbau Tetap Waspada Bencana 5-7 Oktober

BOFOR-KITA.com, PARUNG – Meskipun belum signifikan, namun potensi hujan 3 hari ke depan (5-7 Oktober) tetap masih tinggi. Hujan dengan intensitas ringan dan sedang diperkirakan masih dapat terjadi pada Senin (5/10/2020) sore di beberapa wilayah Kabupaten Bogor terutama bagian barat daya seperti Kecamatan Nanggung, Sukajaya dan Jasinga.

Demikian diungkapkan Asep Firman Ilahi, Kepala Stasiun Klimatologi Citeko Bogor saat dikonfirmasi media ini.

Dia menjelaskan, pada hari Selasa (6/10/2020), kondisi cuaca diprakirakan berawan hingga hujan ringan di hampir semua wilayah Kabupaten dan Kota Bogor.

“Sementara pada hari Rabu (7/10/2020), diprakirakan hujan ringan akan terjadi secara merata di Kabupaten dan Kota Bogor,” ungkap Asep Firman Ilahi, Senin (5/10/2020).

Asep menambahkan, saat ini perkembangan cuaca global cenderung La Nina, ditandai dengan menghangatnya wilayah perairan Indonesia.

Dampak kondisi ini, peluang hujan sangat tinggi di wilayah Indonesia, termasuk di wilayah Kabupaten dan Kota Bogor.

“Adanya hujan terus menerus, sangat riskan terhadap bencana alam tanah longsor di wilayah dataran tinggi Kabupaten Bogor, terutama bagian selatan,” terangnya.

Baca juga  Ade Yasin Bangga, Game Developer Asal SMKN1 Ciomas Ikuti Pameran di Jerman

Selain itu, sambung Asep Firman Ilahi, pada masa transisi sekarang ini, peluang pertumbuhan awan Comulunimbus sangat tinggi di daerah Bogor. Pada awan ini, kondisi ekstrim yang menyertai sangat sering terjadi, seperti adanya angin kencang (puting beliung), sambaran petir dan hujan es. “Diharapkan masyarakat mewaspadai perubahan cuaca akhir -akhir ini. Hindari daerah dataran tinggi dengan kemiringan lahan lebih dari 45 derajat, tumbangnya pepohonan, baliho serta untuk menghindari sambaran petir,” iimbaunya. [] Fahry

 

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

16 + = 17

Terpopuler

To Top