Kota Bogor

Kemenkes bersama Pemkot Bogor Gelar Peringatan HKPS 2024

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor menggelar Peringatan Hari Keamanan Pangan Sedunia (HKPS) 2024 di Taman Ekspresi Sempur, Kota Bogor, Selasa (11/6/2024).

Sejatinya, HKPS atau World Food Safety Day diperingati setiap 7 Juni. Merupakan momentum penting menyatukan pandangan sekaligus menguatkan komitmen masyarakat dunia untuk peduli pada keamanan pangan.

Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono mengatakan, ada lima kunci sederhana dalam keamanan pangan yang bisa diterapkan di tempat pengolah pangan (TPP), pedagang dan masyarakat terutama ibu-ibu. Pertama, menjaga kebersihan. Kedua, memisahkan bahan mentah dan makanan.

Ketiga, memasak dengan benar. Keempat, menggunakan air dan bahan pangan yang aman. Dan yang kelima menjaga pangan pada suhu yang aman.

“Jika lima kunci ini kita pegang, maka kesehatan dari tempat pengelolaan pangan terjamin sehingga kita bisa menjaga masyarakat tetap sehat dan menikmati makanan yang lezat,” jelas dia.

Baca juga  Kapolda Jawa Barat Kembali Resmikan Rumah Baca Bhayangkara

Dia pun meminta Dinas Kesehatan (Dinkes) provinsi dan kota/kabupaten, puskesmas dan unit pelaksana teknis (UPT) terkait untuk meningkatkan pembinaan dan pengawasan tempat pengelolaan pangan di seluruh wilayahnya. Terutama, di pusat pangan, jajanan, serta tempat kuliner untuk menghindari 200 penyakit yang disebabkan oleh pangan yang terkontaminasi.

“Melalui momentum hari ketahanan pangan nasional, mari tingkatkan kualitas pangan guna meningkatkan keamanan pangan di seluruh Indonesia. Hubungan semua pihak penting untuk mewujudkan hal tersebut,” ucap dia

Penjabat (Pj) Wali Kota Bogor, Hery Antasari menjelaskan, tujuan dari kegiatan HKPS ini untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya kepedulian terhadap masalah keamanan pangan, melakukan informasi dan edukasi terkait bagaimana cara mencegah penyakit melalui keamanan pangan serta mendorong kolaborasi dan kerjasama lintas sektor dalam upaya meningkatkan keamanan pangan.

Baca juga  Semua Elemen Masyarakat Harus Ikut Perang Melawan Narkoba

Mengusung tema Food Safety Prepare for the Unexpected atau Keamanan Pangan, Kesiapsiagaan Untuk Kondisi Tidak Terduga pada peringatan HKPS 2024, Hery menyampaikan bahwa tema tersebut untuk menggarisbawahi kesiapsiagaan menghadapi insiden keamanan pangan.

“Tema ini untuk menggarisbawahi pentingnya kesiapsiagaan menghadapi insiden keamanan pangan. Tidak peduli seberapa ringan atau parahnya insiden tersebut,” ujar Hery.

“Hal ini penting karena semakin tinggi kesadaran seseorang mengenai keamanan pangan, maka semakin banyak tindakan yang dapat diambil dan proses yang akan ditetapkan untuk melindungi pangan kita dari berbagai kontaminasi yang membahayakan kesehatan,” katanya.

Demi menguatkan komitmen dan kepedulian terhadap masalah pangan terlebih khusus di Kota Bogor, Pemkot Bogor telah membentuk program inovasi, yakni Satuan Tugas (Satgas) Keamanan Pangan Sentra Makanan.

Baca juga  Halal Bihalal TP PKK Kota Bogor, Bima Arya Ingatkan Perbedaan

“Pada 2024 telah dibentuk program inovasi Satgas Keamanan Pangan Sentra Makanan di Kota Bogor yang bertugas melakukan pembinaan, pengawasan, perlindungan dan peningkatan kualitas hygiene dan sanitasi menuju sentra makanan yang standar, sehat, aman, dan halal,” ungkap Hery.

Pun Hery berharap dengan diselenggarakannya HKPS ini dapat menjadikan Kota Bogor sebagai tempat tujuan wisata kuliner yang telah menerapkan standarisasi sehat, aman, dan halal bagi para wisatawan.

“Dan tentunya dapat menjadi contoh skala nasional bagi pelaksanaan keamanan pangan di Indonesia,” kata dia.

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top