Keluarga Mahasiswa Arkeologi UI Edukasi Masyarakat Terkait Situs Cibalay

BOGOR-KITA.com, DEPOK – Keluarga Mahasiswa Arkeologi (KAMA) Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) Universitas Indonesia (UI), Depok, Jawa Barat, gelar bakti sosial di Situs Cibalay, di Kawasan Situs Cibalay, Desa Tapos, Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor, Sabtu (23/11/ 2019).

Project Officer Bakti Sosial, Irpan Ripandi kepada BOGOR-KITA.com, Minggu (17/11/2019) mengatakan, Bakti Sosial KAMA UI 2019 ini ditujukan untuk mengedukasi masyarakat Cibalay melalui kegiatan-kegiatan yang sudah direncanakan oleh panitia.

Irpan mengatakan, ada 4 fokus kegiatan.

Pertama, disebut dengan “Yuk Kenali Desaku I.” Kegiatan ini ditujukan untuk seluruh  masyarakat Desa Cibalay, bertempat di Balai Desa atau balai pertemuan. “Tujuan kegiatan ini untuk menginformasikan adanya acara Bakti Sosial KAMA 2019 yang sedang berlangsung dan memaparkan seluruh rangkaian acara yang akan kami laksanakan,” kata Irpan.

Kedua. “Yuk Kenali Desaku II.” Kegiatan ini dilaksanakan di SDN Cibalay menyasar murid-murid SD dan bertujuan untuk mengenalkan tinggalan sejarah kebudayaan yang ada di Desa Cibalay yang selanjutnya akan dilakukan kegiatan menggambar dan mewarnai untuk kelas 1,2,3 dan kegiatan membuat pohon impian untuk kelas 4,5, dan 6.

Ketiga, “Yuk Cintai Budaya Kita.” Acara ini ditujukan untuk remaja dan para orangtua di  Desa Cibalay, bertujuan untuk membuat plang informasi mengenai tinggalan situs di Cibalay. Nantinya para warga akan bekerja sama dengan panitia membuat plang informasi sehingga akan tercipta iklim gotong-royong yang memudahkan dalam bekerja sama.

Keempat, “Yuk Berwirausaha.”  Acara ini  mengajak ibu-ibu dan remaja putri Desa Cibalay untuk berlatih wirausaha yang difokuskan bagaimana cara packaging yang baik agar produk lebih menarik dan memiliki nilai jual.

Irpan menambahkan, tujuan dari bakti sosial diselenggarakan dalam rangka memenuhi salah satu poin Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pengabdian masyarakat.

Bakti Sosial KAMA diselenggarakan sebagai salah satu wujud dari visi kepengurusan KAMA yakni terciptanya KAMA sebagai organisasi yang berdampak bagi masyarakat. Dengan adanya Bakti Sosial diharapkan KAMA dapat menumbuhkan rasa kepedulian antar sesama baik dalam internal maupun eksternal, terutama dalam masyarakat itu sendiri. [] Hari



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *