Laporan Utama

Kejar Impian Kuliah di IPB University Melalui Jalur UTMBK

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Bagi yang belum beruntung diterima di perguruan tinggi negeri melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi negeri (SNMPTN) maupun Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), maka bisa mengikuti Ujian Tulis Mandiri Berbasis Komputer (UTMBK) IPB University tahun 2021. Seleksi UTMBK adalah seleksi mandiri yang digelar tiap tahun oleh IPB University. Jalur seleksi ini merupakan jalur terakhir bagi calon mahasiswa untuk bisa masuk di IPB University.

“IPB masih membuka kesempatan bagi calon mahasiswa dengan menyelenggarakan jalur UTMBK untuk menerima mahasiswa program sarjana dan diploma pada tahun 2021,” ujar Dr Nurhayati, Direktur Administrasi Pendidikan dan Penerimaan Mahasiswa Baru (DAPPMB) IPB University dalam Talkshow Pelaksanaan UTMBK di IPB University  Sabtu (12/6/2021).

Ia menjelaskan, IPB University memberikan kuota 21 persen dari total mahasiswa yang diterima. Dengan demikian, akan ada 915 mahasiswa baru yang akan diterima untuk jalur ini. Dosen IPB University itu menjelaskan terdapat 34 program studi kelas reguler dan 5 program studi kelas internasional yang bisa dipilih calon mahasiswa. Kelas internasional hanya dibuka untuk program studi Kedoketeran Hewan (FKH), Teknologi Pangan (ITP), Teknologi Industri Pertanian (TIN), Ilmu dan Teknologi Kelautan (ITK), dan Sekolah Bisnis (BNS).

Baca juga  Peraih Emas Asian Games 2018 Dapat Hadiah Rumah di Graha Grande Sukaresmi

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa calon mahasiswa harus lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK-IPA), dan Madrasah Aliyah (MA) maksimal lulusan 3 tahun yang lalu. Sedangkan jalur sarjana hanya menerima siswa lulusan bidang Sains dan Teknologi (SAINTEK).

Terkait pelaksanaan ujian, Dr Utami Dyah Syafitri, Asisten Direktur Bidang Penerimaan Mahasiswa Baru dan Registrasi DAPPMB IPB University, menjelaskan tes seleksi akan dilaksanakan secara daring dan bisa dilakukan di rumah masing-masing peserta. Ia mengingatkan, batas akhir pendaftaran adalah hari Rabu, tanggal 16 Juni 2021. Sedangkan ujian akan dilaksanakan pada 27 Juni 2021. Calon mahasiswa bisa melihat persyaratan dan jadwal di website admisi.ipb.ac.id.

Baca juga  Petani Milenial Bergelar Doktor dari IPB

Pada saat registrasi online, kata Dr Utami, peserta UTMBK IPB University  bisa memilih satu atau dua program studi yang ditawarkan. Bahkan, peserta diperkenankan untuk memilih pilihan ketiga apabila tidak terpilih di pilihan satu dan dua.

“IPB University  akan  menempatkan peserta pada program studi lainya jika memenuhi syarat,” ungkapnya.  Lebih lanjut, dosen IPB University dari Departemen Statistika ini menjelaskan bahwa peserta bisa mendaftarkan dua metode untuk seleksi. Pertama adalah tes yang dilakukan secara daring dan kedua adalah penilaian berbasis skor UTBK untuk diseleksi. Peserta juga bisa memilih metode seleksi keduanya metode sekaligus.

Sebelum ujian daring, akan dilaksanakan dua kali simulasi  untuk uji coba peserta. Kegiatan ini untuk memberikan sosialisasi peraturan ujian sekaligus agar peserta bisa mempelajari tipe soal yang akan diujikan. Bagi calon mahasiswa yang sudah mendaftar, semua info bisa dilihat pada email yang sudah didaftarkan oleh peserta.

Baca juga  Indeks Keterbukaan Informasi Publik di Jabar Terus Membaik

Sementara, Ir Julio Adisantoso, MKom, Direktur Sistem Informasi dan Transformasi Digital (DISTD) IPB University menekankan bahwa seluruh mekanisme pendaftaran akan dilakukan secara daring. Baik saat mendaftar hingga proses administrasi setelah peserta dinyatakan diterima di IPB University. Hal ini untuk mempermudah peserta dalam mengikuti proses seleksi UTMBK.

“Bagi siswa yang sudah dinyatakan diterima di IPB University melalui jalur seleksi sebelumnya, masih diperkenankan untuk mengikuti ujian seleksi ini. Bahkan jika ada mahasiswa IPB yang ingin berpindah program studi juga diperkenankan untuk ikut UTMBK,” ungkap dosen IPB University dari Departemen Ilmu Komputer ini. [] Hari

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top