Kab. Bogor

Fahutan IPB University Hadirkan Millenial Coach Bukalapak

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Fakultas Kehutanan dan Lingkungan (Fahutan) IPB University menghadirkan Millenial Coach Bukalapak, Hendra Etri Gunawan sebagai pembicara pada webinar Fahutan Training Series #3, Sabtu (12/6/2021). Webinar ini mengangkat tema Menumbuhkan Karakter Kepemimpinan dan Kesiapan Bekerja dalam Tim “Leadership Project in Digital Era”. Webinar ini merupakan rangkaian dari Fahutan Training Series yang secara rutin diselenggarakan oleh Fahutan IPB University.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan softskill kepemimpinan mahasiswa. Terutama dalam bekerja sama dalam tim, berkomunikasi, dan menyelesaikan permasalahan kompleks. Harapannya, softskil kepemimpinan ini dapat mendukung profesi mahasiswa di masa datang serta melahirkan pemimpin-pemimpin yang kreatif dan siap bersaing pada era digital dan Revolusi Industri 4.0

Baca juga  Unit Bahasa IPB Buka Academic Writing Permudah Menulis Jurnal Internasional

Hendra Etri Gunawan adalah alumnus IPB University dari Departemen Manajemen. Bang Ege, panggilan akrabnya, membagikan pengalamannya kepada mahasiswa dari berbagai daerah dan perguruan tinggi di Indonesia. Pada kesempatan ini, Bang Ege memberikan materi tentang agile leadership.

“Bicara kepemimpinan, ada satu kata penting yang harus diketahui, yaitu trust. Karena seseorang dapat mengikuti instruksi orang lain adalah karena adanya trust atau kepercayaan,” ungkapnya ketika membuka materi. Menurutnya ada 3C dalam agile leadership, yaitu Communication, Commitment, dan Collaboration.

“Skill apa yang penting banget di era melimpahnya informasi? Itulah komunikasi. Karena komunikasi bagi seorang leader bukan hanya sekedar menyampaikan pesan. Tetapi juga untuk membangun, membina, dan mengembangkan orang-orang di bawahnya,” ujar millenial pemegang sertifikat Human Resources Professional (CHRP) dan Neuro Linguistic Programming (C.NLP) ini.

Baca juga  Wakaf Uang, Momentum Tingkatkan Kualitas Pengelolaan Wakaf

Aktivis yang pernah menjadi Presiden Mahasiswa IPB University ini juga berpesan agar para mahasiswa dapat memanfaatkan kemajuan teknologi ini dengan baik. “Cari dan bergabunglah dengan komunitas yang dapat meningkatkan kualitas diri,” imbuh alumnus Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) IPB University ini.

Penerima penghargaan SWA Indonesia Future HR Leader Award 2019 ini menyampaikan bahwa segala sesuatu dapat dipelajari, termasuk menjadi seorang pemimpin. Ia juga mengajak para peserta untuk langsung terjun sebagai pemimpin melalui project based learning. Menurutnya, dengan terjun langsung, seseorang akan mengerti tentang kepemimpinan. [] Hari

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top