Kecamatan Jonggol Laksanakan Deklarasi Damai Pilkades

BOGOR-KITA.com – Perhelatan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak se-Kabupaten Bogor tahun 2019 dilaksanakan di 273 desa. 10 desa yang menghelat Pilkades diantaranya berada di Kecamatan Jonggol. Dalam rangka menciptakan pilkades yang kondusif dan damai, Pemerintah Kecamatan Jonggol mengadakan deklarasi damai pada jumat malam (20/9/2019).

Camat Jonggol Andri Rahman dalam sambutannya mengatakan perlu upaya menciptakan situasi yang aman dalam pelaksanaan Pilkades di Kecamatan Jonggol. “Kita perlu terus mengawal tahapan-tahapan dalam pilkades, sehingga terciptanya Kecamatan Jonggol yang aman dan damai selama penyelenggaraan Pilkades”, kata Andri.

Ia melanjutkan sebagai camat Jonggol yang baru, menitipkan kepada semua tokoh, Kepala Desa, BPD, pemuda, dan semua masyarakat untuk bekerja sama dalam membangun Jonggol. “Saya ingin mengajak semua elemen bersama membangun Jonggol untuk kemajuan yang lebih baik”, lanjut Andri.

Inisiator deklarasi damai Pilkades Dedi Ichwansyah yang menghimpun kalangan muda Kecamatan Jonggol untuk menyeleggarakan Pilkades damai mengatakan bahwa deklarasi damai ini menjadi rem dan rambu- rambu bagi semua pihak khususnya peserta Pilkades untuk menciptakan situasi aman dan damai.

“Kegiatan ini untuk menghindari memanasnya politik di akar rumput agar tidak terjadi benturan. Kita ingin di Pilkades ini ada rem yang menjadi rambu-rambu bagi semua pihak khususnya peserta Pilkades”, kata Dedi.

Dedi melihat situasi jelang Pilkades di Kecamatan Jonggol ada potensi memanas di beberapa desa. Sehingga semua pihak perlu berkomitmen dan membaca bersama terkait aturan baik peraturan Bupati dan juga Undang-undang. “Peraturan baik Perbup maupun Undang-Undang perlu kita laksanakan, deklarasi ini menjadi komitmen bersama khususnya peserta Pilkades”, lanjut Dedi.

Adapun teks dari deklarasi damai Pilkades yang diikuti oleh seluruh peserta Calon Pilkades sebagai berikut.

Dengan menyebut nama Tuhan Yang Maha Esa Allah Swt. Kami para calon Kepala Desa peserta Pilkades serentak tahun 2019 di Kecamatan Jonggol Kabupaten Bogor, mendeklarasikan:

  1. Kami para calon kepala desa peserta Pilkades serentak tahun 2019 sepakat bersama-sama akan mewujudkan pemilihan kepala desa yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.
  2. Kami para calon kepala desa akan melaksanakan kampanye Pilkades tahun 2019 dengan aman, tertib, damai berintegritas, tanpa hoax, ujaran kebencian dan politik uang.
  3. Kami para calon kepala desa peserta Pilkades serentak tahun 2019 akan melaksanakan kampanye berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan Peraturan Bupati Bogor nomor 37 tahun 2019 tentang tata cara pemilihan, pengangkatan, dan pemberhentian Kepala Desa.
  4. Kami para calon Kepala Desa peserta Pilkades serentak tahun 2019 menjunjung tinggi serta ikut mendukung tata laksana dari penyelenggara panitia Pilkades tahun 2019 dengan baik dan damai.
  5. Kami para calon Kepala Desa bertekad untuk siap menang dan kalah dalam Pilkades tahun 2019.


Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *