Kab. Bogor

Kampus Merdeka, Koramil 2124 Cisarua Dikunjungi Dosen Universitas Bakrie Jakarta

Komandan Rayon Militer (Koramil) 2124 Cisarua-Megamendung, Mayor Inf Aris Nazarudin, menerima kunjungan dosen Universitas Bakrie di Mako Koramil Cisarua, Kabupaten Bogor, Jumat (4/12/2020).

BOGOR-KITA.com CISARUA – Danramil 2124 Cisarua bersama Camat Cisarua menerima sejumlah dosen dari Universitas Bakrie yang datang untuk melakukan penjajakan kemitraan terkait pelaksanaan kampus merdeka di Cisarua, Kabupaten Boor.

“Kunjungan dari Universitas Bakrie ini sebagai langkah awal mereka dalam menjalankan program kampus merdeka di wilayah Cisarua,” kata Komandan Rayon Militer (Koramil) 2124 Cisarua-Megamendung, Mayor Inf Aris Nazarudin, di Mako Koramil Cisarua, Kabupaten Bogor, Jumat (4/12/2020).

Tim Universitas Bakrie yang hadir antara lain, Dr M. Ihsan sebagai Ketua Program Studi Teknik Sipil bersama Fatin Adriati, M. T. (dosen teknik sipil) serta Eli Jamilah Miharja (dosen Prodi Ilmu Komunikasi).

Selain penjajakan untuk program kampus merdeka, kunjungan ini juga untuk kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi bagi para dosen Universitas Bakrie, Jakarta yang akan dilaksanakan di wilayah Cisarua.

Baca juga  Komisi IV DPRD Jabar Tinjau Terminal Tipe B Ciledug, Kabupaten Cirebon

“Ini bentuk penjajakan sebelum mereka turun ke lapangan,” ujar Mayor Aris Nazarudin.

Dikatakan, sebelum para mahasiswa turun ke lapangan dalam rangka kampus merdeka, tentunya ada mekanisme yang harus ditempuh di antaranya silaturahmi dulu dengan pimpinan wilayah setempat dan melakukan MoU.

“Iya ada MoU dulu dengan camat atau muspika,” ucap Mayor Aris.

MoU ini dilakukan agar pada pelaksanaannya sudah melalui proses yang resmi. “Jadi ketika mereka di lapangan sudah dibekali surat perjanjian dengan pemerintah setempat,” katanya.

Dosen Prodi Ilmu Komunikasi, Eli Jamilah Mihardja mengatakan, sesuai kebijakan yang diluncurkan oleh Kemendikbud, telah dibuat Kurikulum Merdeka Belajar yang memungkinkan mahasiswa untuk belajar praktis di lapangan selama 20 – 60 SKS atau setara dengan 1 sampai 3 semester.

Baca juga  Corona Kabupaten Bogor: Sembuh Naik, 66, Positif Masih Tinggi, 97, Meninggal Nihil

“Dengan program ini, mahasiswa keluar dari kebiasaan lama di mana kuliah selalu di belakang meja,” ujar Eli.

Tujuann kampus merdeka itu adalah untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk link and match yang lebih besar dengan dunia profesional.

“Oleh karena itu, pengelola program studi harus dapat menyediakan sistem pembelajaran dengan mitra dari dunia industri dan profesional,” kata Eli.

Eli mengapresiasi Danramil 2124 dan Camat Cisarua yang telah memberikan support sepenuhnya atas rencana kegiatan yang akan dilakukan di wilayah Cisarua.

“Penjajakan sudah dilakukan, selanjutnya akan dilakukan MoU antara pihak kecamatan dengan Universitas Bakrie Jakarta,” tutupnya. [] Danu.

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top