Pendidikan

Kampus IPB Sukabumi Hadir untuk Masyarakat

BOGOR-KITA.com, SUKABUMI – Pengabdian kepada masyarakat adalah kegiatan civitas akademika yang memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memajukan kesejahteraan masyarakat dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Kegiatan ini tertuang dalam Undang-undang Perguruan Tinggi No. 12 Tahun 2012. Oleh karena itu, IPB University sebagai perguruan tinggi menyusun satu ekosistem pengabdian kepada masyarakat untuk merespons kebutuhan masyarakat khususnya yang berada di lingkar kampus IPB Sukabumi.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB University Bidang Pengabdian kepada Masyarakat, Dr Sofyan Sjaf saat membuka Sosialisasi di Ruang Rapat Kampus IPB Sukabumi beberapa waktu lalu.

“IPB University melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat merancang satu program yang disebut #ipbmengabdi, program ini sebagai aksi pengabdian kepada masyarakat yang melibatkan mahasiswa, alumni dan dosen,” ujar Sofyan Sjaf dalam keterangan tertulis diterima BOGOR-KITA.com, Senin (2/11/2020) sore.

Baca juga  Dr Illah Sailah: Era Industri 4.0, Orang Dihargai dari Soft Skill

Manager Kampus IPB University di Sukabumi, Ir Ujang Sehabudi, MSi mengatakan bahwa IPB University Kampus Sukabumi ke depan akan memaksimalkan fasilitas yang ada di kampus untuk diseminasi pengetahuan kepada pemuda-pemuda setempat. “Pemuda-pemuda di Sukabumi masih banyak yang sadar akan pertanian. Di sini kampus Sukabumi ini kami memiliki greenhouse dan juga closehouse dan ke depan akan dilengkapi dengan teknologi, sehingga diseminasi pengetahuan kepada pemuda cinta tani jadi lebih maksimal,” ujarnya.

Sementara, Wakil Manager Kampus IPB University Sukabumi, Hendrik Wijaya, MSi menambahkan bahwa masyarakat harus memahami fungsi perguruan tinggi selain fungsi pendidikan dan penelitian. “Sosialisasi program pengabdian masyarakat penting untuk Kampus di Sukabumi ini, mengingat keberadaan Kampus di Sukabumi masih relatif baru sehingga masyarakat sekitar perlu paham fungsi perguruan tinggi selain pendidikan dan penelitian, diharapkan nantinya tidak salah memandang perguruan tinggi,” ujar Hendrik.

Baca juga  Ingatkan Lansia Pentingnya Kesabaran Melewati Masa Pandemi

Sosialisasi ini diselanggarakan sebagai upaya nyata IPB University yang saat ini telah hadir di Sukabumi untuk merespon dan menjawab kebutuhan masyarakat khususnya di sekitar kampus.

“Kami harap dengan adanya program #ipbmengabdi ini bisa membantu meningkatkan keterampilan masyarakat di Sukabumi. Di sisi lain, IPB University juga dapat menggali potensi riil yang ada di Sukabumi sehingga menjadi landasan masyarakat untuk bergerak,” ujar Kepala Dinas Pertanian Kota Sukabumi, Andri Setiawan.

Hadir juga tamu undangan dalam acara sosialisasi ini Kepala Bappeda Kota Sukabumi, Camat Cibereum, Lurah Babakan, Lurah Limus Nunggal, Lurah Cibereum dan Lurah Sindang Palay. [] Hari

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top