Kab. Bogor

Kampanyekan Ayo Baca, TBM Lentera Pustaka Bogor Jadi Tempat Acara JELITA Perpusnas RI

BOGOR-KITA.com, TAMANSARI – Dalam rangka memperingati Hari Anak Sedunia, Perpustakaan Nasional RI bekerjasama dengan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Lentera Pustaka di kaki Gunung Salak Bogor menggelar acara “JElajah LIterasi nusanTAra (JELITA) tahun 2024” di Bogor Kamis (20/6/2024).

Kegiatan literasi untuk megkampanyekan pentingnya anak-anak membaca buku ini dibuka oleh Agus Sutoyo (Kepala Pusat Jasa Informasi Perpusnas RI), Ridwan Said (Sekretaris DAP Kabupaten Bogor) dan Syarifudin Yunus (Pendiri TBM Lentera Pustaka) dan dihadiri 125 anak pembaca aktif usia sekolah dan 50 ibu-ibu taman bacaan.

“Luar biasa anak-anak pembaca di TBM Lentera Pustaka Bogor ini, banyak dan perangainya sangtat terbiasa denga buku bacaan. Kami dari JELITA Perpusnas RI senang bisa berkunjung langsung ke sini untuk memotivasi agar budaya membaca tetap tegak di bumi Indonesia. Semoga ada pemimpin masa depan dari taman bacaan ini” ujar Agus Sutoyo, Kapus Jasa Informasi Perpusnas RI saat memberi sambutan.

Baca juga  Burhanudin dalam Sosialisasi Pilkades: Kades Harus Peka Perkembangan Desa 

Lebih lanjut, Ridwan Said, menegaskan pentingnya membaca bagi anak-anak dan TBM Lentera Pustaka bisa menjadi tolok ukur karena antusiasme anak-anak dan warga yang luar biasa. Mungkin ke depan, patut dikolaborasikan untuk memberdayakan ibu-ibu yang mengantar anaknya ke TBM karena jumahnya sangat banyak. “Terima kasih sudah menginspirasi dan selalu semangat membaca di TBM Lentera Pustaka” ujarnya didampingi tim dari DAP Kabupaten Bogor.

Beragam aktivitas dilakukan di acara JELITA Perpusnas RI di TBM Lentera Pustaka, antara lain: 1) read aloud dan bookisplay yang dibibing Kak Hurin dan Kak M. Rizky, 2) Dongeng oleh Kak Anshori, 3) sulap edukatif bersama Kak Abdul Rahim dan Kak Faizuddin, 4) bimbingan pemustaka oleh Kak M. Bagus Yodha dan Kak Salamun Ababil, 5) cetak kartu anggota Perpusnas oleh Kak Akhmad Shidiq, dan 6) mobil pustaka keliling yang digelar DAP Kab. Bogor. Rangkaian kegiatan JELITA Perpusnas RI berlangsung dari pukul 09.00 – 12.00 WIB bertujuan untuk mengkampanyekan ayo baca sekaligus memotivasi anak-anak pembaca aktif di taman bacaan. Agar terhindar dari pengaruh gawai yang berlebihan, di samping mendukung aktivitas taman bacaan yang berdampak langsung kepada masyarakat.

Baca juga  Seruput Kopi Pagi, Di Mana Akal Sehat?

“Atas nama TBM Lentera Pustaka, saya ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada JELITA Perpusnas RI dan DAP Kab. Bogor. Acara ini sangat bermanfaat dan sepertinya harus dilanjutkanke daerah dan taman bacaan lainnya. Agar menjadi motivasi bagi pengelola TBM dan gerakan literasi di bumi Indonesia. Terbukti, anak-anak kami sangat antusias dan semarak di kegiatan JELITA ini” kata Syarifudin Yunus, Pendiri TBM Lentera Pustaka dalam sambutannya didamping wali baca dan relawan yang hadir.

Melalui acara JELITA, ada pesan moral literasi yang penting. Bahwa aktivitas literasi dan taman bacaan memang harus berkolaborasi. Untuk membangkitkan gairah anak-anak Indonesia lebih gemar membaca buku. Berbagai pihak harus terlibat demi tegaknya budaya literasi di Indonesia. Jelang akhir acara JELITA, anak-anak pembaca aktif TBM Lentera Pustaka pun antre untuk menerima souvenirs dan makan siang. Salam literasi

Baca juga  Dinkes Lacak Kontak Erat Petugas Puskesmas Dago yang Positif Corona
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top