-

Kabid PSMK Disdik Jabar Nyatakan Kesiapan Pelaksanaan UN 2020

BOGOR-KITA.com, BANDUNG – Jelang pelaksanaan Ujian Nasional (UN) SMA/SMK dan SLB di Jawa Barat (Jabar) pada akhir Maret 2020 mendatang. Pihak Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar menyatakan sudah melakukan berbagai persiapan. Hal itu disampaikan oleh Kabid Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (PSMK) Disdik Jabar, Deden Saiful Hidayat, melalui sambungan telepon selulernya, Kamis (6/2/2020).

“Berkaitan dengan persiapan UN SMA , SMK dan SLB di Jawa Barat pada prinsipnya semua sekolah dan Disdik Jabar, sudah siap,” ujar Deden.

Menurut Deden, persiapan yang telah dilaksanakan mulai dari pembentukan panitia di  Disdik provinsi dan pembentukan panitia di sekolah. Selain itu juga lanjutnya, sudah dilaksanakan pendataan  peserta UN, penyusunan edaran petunjuk teknis (Juknis) UN dan juga Juknis Ujian sekolah (US), terangnya.

Secara regulasi, lanjutnya bahwa pelaksanaan UN dan US di SMA , SMK, dan SLB tetap mengacu pada Permendikbud No. 43 tahun 2019, tentang Penyelenggaraan Ujian yang diselenggarakan Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional.

Sedangkan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dilaksanakan sesuai dengan Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Nomor: 0051/P/BSNP/XI/2019, tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Nasional Tahun 2019/2020, jelas Deden.

Baca juga  Puluhan Dosen PTS Belajar Bisnis di Incubie IPB

Dikatakannya untuk UN tahun 2019/2020 menurut Juknis masih menggunakan mode ujian nasional berbasis komputer (UNBK). “Tetapi apabila ada sekolah yang belum siap, bisa menggunakan berbasis kertas,” ujar Deden.

Oleh karena itu dia mengimbau untuk penggunaan sarana komputer SMA dan SMK bisa saling membantu dalam pelaksanaannya. Karena Jadwal pelaksanaan UN, SMA dan SMK berbeda.

“Nantinya bisa saja SMK menumpang ke SMA atau sebaliknya SMA menumpang ke SMK atau ke sekolah yang lainnya,” pungkas Deden. [] Roni

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top