Bupati Bogor Ade Yasin, pada Jumat (31/5/2019) melepas 98 bus yang mengangkut 44.410 pemudik gratis dari Stadion Pakansari, Cibinong.

Jumat, Ade Yasin Lepas  98 Bus Angkut 4.410 Pemudik Gratis

BOGOR-KITA.com – Bupati Bogor Ade Yasin akan lepas sebanyak 98 bus yang menangkut 4.410 pemudik gratis. Pelepasan akan dilakukan di area Stadion Pakansari, Cibinong, Jumat (31/5/2019). “Dilepas oleh Ibu Bupati,” ungkap Kepala Bidang Angkutan pada Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor, Dudi Rukmayadi, di Cibinong, Kamis (30/5/2019).

Dudi Rukmayadi mengatakan, mudik gratis terebut merupakan bantuan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dalam program mudik gratis tahun 2019.

Dalam pelaksanaannya, Dishub Kabupaten Bogor melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian juga Satpol PP Kabupaten Bogor

“Semua sudah dipersiapkan mulai dari kesiapan lalu lintas, armadanya, hingga sopir untuk mengangkut para penumpang mudik,” kata Dudi di Cibinong,  Kamis (30/5/2019).

Kemenhub sendiri menyiapkan 98 armada bus untuk 4.410 penumpang yang akan dipusatkan di area Stadion Pakansari, Cibinong, sebagai titik keberangkatan. Selain itu, Kemenhub juga menyediakan sembilan truk untuk mengangkut 405 unit sepeda motor yang akan diberangkatkan para 31 Mei 2019.

“Untuk bus, pemudik berasal dari Kabupaten Bogor dan Depok. Nanti itu langsung dilepas oleh Ibu Bupati,” ungkap Dudi.

Lebih lanjut dia mengatakan, pihak Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Bogor juga diterjunkan dalam program ini untuk memeriksa para pengemudi bus, yang akan mengantar pemudik ke kota tujuan untuk dipastikan para sopir bebas dari pengaruh alkohol dan narkoba. “Ada ramp check juga untuk memastikan kelaikan bus tersebut sebelum berangkat,” tegas Dudi.

Dudi menyebut tujuan para pemudik tersebut sebagian besar ke daerah Jawa Tengah, dan Jawa Timur. “Tapi tujuan yang paling banyak itu ke Jawa Tengah dengan 23 kota/kabupaten. Mudah-mudahan program mudik gratis ini membantu masyarakat untuk pulang ke kampung halamannya,” tandas Dudi.

Sementara itu, sejumlah warga Kabupaten Bogor memberikan tepuk tangan kepada petugas Dinas Perhubungan (Dishub) yang telah memberikan pelayanan prima pada program mudik gratis di bulan Ramadhan tahun 2019 ini.

Informasi yang dihimpun, bahwa kantor Dishub yang berlokasi di Jalan Raya Jakarta – Bogor itu, mulai didatangi sejumlah warga yang ingin mendaftarkan program mudik gratis. “Alhamdulillah, saya dan keluarga akhirnya bisa mudik, mas. Dan ini kesempatan terbaik yang diberikan oleh Dishub kepada warga yang ingin pulang kampung,” ucap Dewi (41) warga Kelurahan Tengah, Kecamatan Cibinong, yang bersama dua orang kerabatnya kepada wartawan, kemarin.

Dewi mengaku baru mengetahui program mudik gratis, saat membaca salah satu surat kabar cetak di Bogor. “Awalnya saya tidak tau. Pas saya lihat koran, dan tidak sengaja membaca. Ada berita bus mudik gratis. Makanya tadi pagi saya datang ke kantor Dishub dan mendaftarkan langsung,” ungkapnya.

Hal senada, Sudino warga asal Jawa Tengah, yang sudah tiga tahun bekerja di Kabupaten Bogor. “Sebelumnya saya berikan tepuk tangan, mas. Dengan adanya program mudik gratis oleh Dishub itu, sangat lah membantu warga yang ingin pergi ke kampung halamannya,” singkatnya.

Informasi dari Dishub Kabupaten Bogor sendiri, bagi masyarakat yang ingin ikut mudik gratis ini, bisa mendatangi Kantor Dishub yang berlokasi di Jalan Raya Jakarta – Bogor tepatnya di Desa Cimandala, Kecamatan Sukaraja.

“Pendaftaran langsung bisa dilayani oleh petugas Dishub yang akan mudik gratis tahun 2019 ini. Kesempatan ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat perantau dari Jawa Tengah dan sekitarnya. Bagi masyarakat yang ingin daftar silahkan dan hannya menujukan bukti KTP dan poto copi STNK saja,” ujar Plt Kadishub Kabupaten Bogor, Supriyanto.

Menurut Supriyanto, bahwa mudik gratis tahun 2019 ini, berkat kerjasama dengan petugas Kementrian dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Adanya program ini, bisa menekan angka pemudik yang akan menggunakan sepeda motor.

“Insya Allah, bus mudik gratis ini akan diberangkatkan pada tanggal 1 Juni 2019 dilokasi Stadion Pakansari. Mudah-mudahan, bagi para pemudik yang akan diberangkatkan nanti, dapat nyaman dan selamat sampai dikampung halamannya,” pungkasnya. [] Admin/Pkr

 



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *