JM Cek Jembatan Nyaris Roboh di Katulampa

BOGOR-KITA.com, BOGOR РWarga Perum Griya Katulampa, Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur, meminta  Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor untuk segera memperbaiki jembatan gantung penghubung antara Kelurahan Tajur dengan Kelurahan Katulampa, serta memperbaiki longsoran akses jalan Katulampa di RW 01 yang terjadi sejak 1 Januari lalu.

Selain minta kepada Pemkot untuk memperbaiki jembatan gantung, warga pun mengadu kepada Wakil Ketua DPRD Kota Bogor Jenal Mutaqien agar mendorong proses perbaikan jembatan dan longsor tersebut.

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua DPRD Kota Bogor Jenal Mutaqin bersama  Anggota DPR RI Riza Patria dari Fraksi Gerindra melakukan peninjauan dan melihat langsung kondisi kerusakan jembatan gantung dan longsor di jalan Katulampa.

Jenal dan warga turun ke sungai Ciliwung dan melihat seluruh kondisi jembatan gantung, menurutnya, jembatan gantung itu memang harus segera diperbaiki karena dari kedua sisi pondasinya sudah mulai rapuh tergerus air.

“Kalau dilihat dari atas, jembatan gantung ini terlihat bagus, tetapi dibawahnya sudah rapuh dan mengalami kerusakan karena tergerus air. Ini harus segera diperbaiki pemerintah,” ucap Jenal, Senin (20/1/2020)

Ia juga menerangkan saat meninjau lokasi longsor jalan Katulampa, mendorong kepada Pemkot Bogor untuk segera memperbaiki agar titik longsor tidak melebar ataupun menambah parah kondisinya.

“Ini adalah akses utama jalan bagi warga Katulampa, kondisinya bisa semakin parah apabila tidak diperbaiki. Saya juga koordinasi dengan Anggota DPR RI Pak Riza Patria, agar mendorong dana bantuan dari tingkat nasional untuk memperbaiki longsor ini dan juga memperbaiki jembatan gantung,” katanya.

Sementara itu, Tokoh warga Griya Katulampa H. Bambang mengungkapkan, kondisi jembatan gantung sudah sangat mengkahawatirkan. Jembatan yang membentang di atas aliran Sungai Ciliwung ini kondisinya sudah mulai rapuh karena tergerus air, terutama ketika air deras atau banjir dari Ciliwung.

“Jembatan ini sebenarnya sudah mulai rusak, bahkan di bagian pondasinya sudah tergerus oleh air. Ini harus diperbaiki segera oleh pemerintah, karena khawatir jembatan akan roboh,” ujarnya.

Selain itu, lanjut H. Bambang Warga Griya Katulampa juga pernah melakukan perbaikan dengan mengandalkan bantuan silkulir dari seluruh warga. Namun dana yang terkumpul hanya bisa untuk memperbaiki kondisi jalannya saja, sedangkan untuk memperbaiki jembatan membutuhkan dana besar.

“Kami harap Pemkot Bogor maupun pemerintah pusat, bisa segera memperbaiki jembatan gantung ini. Jembatan ini akses utama warga dari Katulampa ke Tajur, jadi sangat prioritas,” pungkasnya.[] Ricky



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *