Laporan Utama

129 Caleg Dapil Jabar 3 Berebut 9 Kursi DPR RI, Harga Satu Kursi 260 Ribu Suara

BOGOR-KITA.com – Untuk anggota DPR RI, Kota Bogor dan Kabupaten Cianjur berada dalam kelompok yang sama. Kedua daerah ini dikelompokkan dalam Dapil Jabar 3. Caleg yang terpilih dari Dapil Jabar 3 dengan demikian merupakan perwakilan Kota Bogor dan Kabupaten Cianjur.

Seperti apa persaingan di Dapil Jabar 3? Mana lebih ketat dibanding persaingan rata-rata nasional?

Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kota Bogor mencapai 674.310 pemilih. Sedang DPT Kabupaten Cianjur 1.665.729 pemilih. Gabungan DPT keduanya mencapai 2.340.039 pemilih.

Sementara jatah kursi dari Dapil Jabar 3 untuk DPR RI adalah 9 kursi dari total 91 kursi dari Dapil Jabar secara keseluruhan.

Jumlah bakal calon legislatif (bacaleg) yang ditetapkan KPU di Dapil Jabar 3 mencapai 129 bacaleg, di mana 16 partai masing-masing mengajukan 9 bacaleg kecuali PKPI mengajukan hanya 4 bacaleg, Hanura hanya 5 bacaleg, dan Partai Garuda hanya mengajukan 3 bacaleg.

Baca juga  Anggota DPR RI Djoni Rolindrawan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Kota Bogor

Seberapa ketat persaingan di Dapil Jabar 3 ini?

Sebagai ukuran terpebih dahulu dihitung tingkat persaingan rata-rata nasional.

Harga satu kursi DPR RI rata-rata nasional dapat dihitung berdasarkan jumlah DPT nasional yakni 185.084.629 pemilih dibagi 575 kursi DPR RI. Harga rata-rata satu kursi DPR RI sama dengan 321 ribu suara.

Tingkat persaingan di antara sesama bacaleg dapat dihitung berdasarkan pembagian antara jumlah bacaleg yang mencapai 8.370 orang dibagi jumlah kursi yakni 575 kursi DPR RI. Tingkat persaingannya sama dengan satu kursi diperebutkan oleh sekitar 14 bacaleg.

Bagaimana dengan persaingan di Dapil Jabar 3 Kota Bogor dan Kabupaten Cianjur? Ternyata tingkat persaingannya sama.

Persaingan di Dapil Jabar 3 dapat dihitung berdasarkan jumlah bacaleg yakni 129 bacaleg dibagi 9 kursi. Hasilnya, satu kursi diperebutkan oleh 14 bacaleg, atau 1 berbanding 14. Sama dengan persaingan di tingkat nasional yang di mana satu kursi juga diperebutkan oleh 14 bacaleg.

Baca juga  Targetkan 50 RUU 2020, DPR RI dan Pemerintah Harus Bekerja Keras  

Itu dari segi persaingan antar bacaleg.  Bagaimana dengan harga satu kursi?

Harga satu kursi di Dapil Jabar 3 lebih murah ketimbang harga satu kursi rata-rata nasional. Harga satu kursi nasional mencapai 321 ribu suara, sementara harga satu kursi di Dapil Jabar 3 hanya sekitar 260 ribu suara. Harga ini diperoleh dari pambangian gabungan DPT Kota Bogor dan Kabupaten Cianjur dengan jumlah kursi yang tersedia yakni 9 kursi.

Namun demikian, untuk mengamankan satu kursi, setiap bacaleg harus mengamankan 260 ribu suara.

Bacaleg siapa saja yang memiliki potensi untuk memenangi persaingan?

Di Dapil Jabar 3 terdapat sedikitnya 4 figur yang punya nama dan sekarang masih menjabat sebagai anggota DPR RI, yakni Joko Purwanto dari PPP, Riza Patria dari Gerindra, Diah Pitaloka dari PDIP, Sjarifuddin Hasan dari Demokrat.

Baca juga  Peyelenggara Pemilu yang Lalai Merusak Proses Pemilu 

Pada pemilu 2019 nanti masuk sejumlah figur yang sudah punya nama ikut dalam pesaingan, yakni Maruarar Sirait dari PDIP, Teguh Rihananto dan Najamuddin dari PKS, Eddy Soeparno dari PAN, Andy Surya Wijaya dari PPP.

Siapa yang akan memenangkan persaingan? Seperti apa kualitas bacaleg lain. Siapa siapa saja bacaleg yang akan bersaing di Dapil Jabar 3 Kota Bogor dan Kabupaten Cianjur?

Klik link nama seluruh bacaleg untuk DPR RI Dapil Jabar 3 dan asal partai berikut ini:

http://kpu.go.id/koleksigambar/DCS-3203-JABAR_III.pdf [] Admin

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top