Kota Bogor

Jelang Idul Adha, Pemkot Bogor Bakal Tingkatkan Fasilitas RPH Bubulak

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Menyambut perayaan Idul Adha, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor berencana untuk meningkatkan fasilitas di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Bubulak.

Hal itu diungkapkan Pejabat (Pj) Walikota Bogor, Hery Antasari usai mengunjungi UPTD RPH Bubulak di Jalan HM. Syarifudin, Kelurahan Bubulak, Kecamatan Bogor Barat pada Rabu (12/6/2024).

Hery Antasari, menyampaikan komitmennya untuk menjaga kualitas dan kebersihan RPH agar tetap optimal dalam melayani masyarakat.

“Untuk RPH, kita lihat hari ini kalau dari sisi fasilitas dan kelengkapannya masih berjalan dengan baik dan masih terjaga kebersihannya. Namun memang ada evaluasi dari Kementan bahwa sarana dan prasarana keseluruhannya harus ditingkatkan, dipelihara terutama tahapan higienis dan lainnya harus di jaga,” ujar Hery didampingi Kepala Dinas DKPP Kota Bogor Chusnul Rozaqi.

Baca juga  Pansel Direksi PD PPJ Harus Punya Track Record Bagus

Menurut Hery, evaluasi dari Kementerian Pertanian (Kementan) tersebut menjadi catatan penting bagi RPH Bubulak.

Hery menilai, bahwa RPH Bubulak berperan penting dalam menyediakan pelayanan pemotongan hewan untuk masyarakat, dengan rata-rata puluhan sapi dan kambing atau domba yang dipotong setiap hari. Hal ini menjadi prioritas karena terkait dengan kebutuhan dasar masyarakat akan daging dan produk ternak lainnya.

“Pemerintah harus hadir di sana, salah satu pelayanan yang meskipun bukan pelayanan dasar yang seksi dari masyarakat, tetapi kalau ada kejadian berkaitan dengan kesehatan hewan, arahnya pasti ke pemerintah karena berasal dari RPH-nya,” jelasnya.

Untuk memastikan peningkatan fasilitas tersebut, Pemkot Bogor akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat. Untuk itu Hery menekankan pentingnya penyempurnaan dan peningkatan fungsi RPH guna memberikan layanan yang lebih baik.

Baca juga  Renovasi GOR Pajajaran Tuntas, Sudah Digunakan Latihan Grup B Timnas Asian Games

Ketika ditanya soal kapasitas RPH saat Idul Adha, Hery menjelaskan bahwa meskipun RPH mampu menampung hingga 100 ekor hewan dalam 24 jam, kapasitas tersebut bisa menjadi terbatas jika ada ribuan hewan yang harus dipotong.

Namun, ia memastikan bahwa RPH tetap dapat digunakan untuk pemotongan hewan qurban dengan jaminan kebersihan dan pemotongan sesuai syariat Islam.

“Saya pikir kalau ratusan bahkan ribuan hewan tidak akan menampung juga disini, karena disini kapasitasnya maksimal mencapai 100 kalau siang dan malam pemotongannya (24 jam). Tapi pada prinsipnya boleh, silahkan memotong di RPH ini kalau ingin ada jaminan pemotongannya sesuai dengan syariat Islam, kemudian kebersihannya terjaga dan sebagainya,” terang Hery.

Baca juga  Hari Pertama, Pj Wali Kota Bogor Hery Antasari Keliling Setda dan Pimpin Briefing Staff

Ia mengungkapkan, terkait retribusi pemotongan di RPH Bubulak sudah sesuai Perda Nomor 11 Tahun 2023, yakni Rp80 ribu per ekor untuk sapi/kerbau, Rp13 ribu per ekor untuk kambing/domba, dan Rp400 per ekor untuk unggas.

“Retribusi ini hanya mencakup biaya pemotongan saja, tanpa termasuk pencacahan daging,” tutupnya. [] Ricky

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top