Ini Tahap-Tahap Pengembangan Vaksin Virus Corona

BOGOR-KITA.com BOGOR РMengapa vaksin virus corona belum juga ditemukan? Proses mengembangkan obat-obatan dan vaksin biasanya panjang dan sulit dan mungkin perlu waktu bertahun-tahun untuk mengidentifikasi vaksin yang aman dan efektif.  Upaya menemukan vaksin coronavirus tidak berbeda.

Namun diharapkan, upaya global oleh para peneliti, akan mempercepat proses penemuan tersebut.

Beberapa telah menyerukan ‘perbaikan cepat’ dengan melewatkan pengujian pada hewan. Namun pengujian pada hewan mengurangi risiko reaksi yang tidak terduga pada sukarelawan manusia.

Terlepas dari cara para ilmuwan menemukan vaksin, ada tahapan yang ditentukan, sering kali diwajibkan oleh hukum, di mana penggunaan hewan adalah alat yang penting, seperti pengujian untuk efektivitas dan keamanan pengobatan baru.

Dikutip dari web EARA tentang coronavirus, ini adalah tahap-tahap dalam pengembangan vaksin coronavirus:

1.Penelitian untuk vaksin dimulai di laboratorium, di mana para ilmuwan mencoba memahami sifat dari coronavirus dan cara serangannya terhadap tubuh. Mereka mempelajari hewan yang mengalami penyakit dengan cara yang mirip dengan manusia, sering pada tingkat molekuler. Model yang saat ini digunakan untuk menjawab pertanyaan tentang Covid-19 adalah musang, hamster, babi, tikus, dan monyet.

2.Langkah selanjutnya adalah menguji vaksin pada hewan untuk memastikan vaksin tersebut aman dan efektif. Ini adalah persyaratan hukum yang ditetapkan oleh regulator kesehatan. Tikus dan monyet biasanya digunakan pada fase ini.

2a.Beberapa berpendapat, bahwa untuk mempercepat proses pengembangan vaksin, tahap pengujian hewan dapat dihindari dan pengujian dapat langsung dimulai pada manusia, namun ini penuh dengan bahaya.

3.Setelah pengujian pada hewan, vaksin siap untuk uji klinis, yang berarti pengujian pada sukarelawan manusia, dan jika ini berhasil, vaksin baru akan disetujui oleh regulator nasional dan internasional.

[] Anto

 



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *