Laporan Utama

Ini Empat Stadion Latihan Bakal Diajukan Dampingi Stadion Pakansari

BOGOR-KITA.com, CIBINONG – Terpilihnya Stadion Pakansari sebagai salah satu tempat pertandingan Piala Dunia U-20 2021 mendatang, membuat Pemda Kabupaten Bogor langsung bersiap diri.

Salah satunya, dengan menyiapkan lima stadion pendamping sebagai tempat latihan tim-tim yang bertanding nanti. Bambang Setiawan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Bogor mengungkapkan, sejauh ini baru ada dua lapangan yang terdekat dengan Stadion Pakansari.

“Untuk latihan yang terdekat stadion luar Pakansari dan Stadion Mini. Untuk tambahan tempat latihan lainnya masih kita cari,” ungkap Bambang.

Namun ada dua tempat lagi yang akan dimajukan, yakni lapangan milik Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian Tentara Nasional Indonesia (PMPP) di Hambalang, Sentul dan Stadion Padjadjaran yang ada di Kota Bogor.

Stadion PMPP Hambalang selama ini telah digunakan sebagai salah satu tempat latihan klub Persikabo dalam menyiapkan diri untuk musim Liga 1 2020. Sedangkan Stadion Padjadjaran telah direnovasi dan menjadi tempat latihan tim sepak bola yang tampil di Asian Games 2018 lalu.

Terpisah Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachiem mengatakan PSSI telah berkomunikasi dengan Pemkot Bogor untuk menjadikan Stadion Padjajaran sebagai salah satu tempat latihan gelaran Piala Dunia U-20 mendatang.

“PSSI sudah minta juga melalui Ratu Tisha Sekjen PSSI,” kata Dedie.

Baca juga  Ini Pidato Spektakuler Mendikbud RI pada Hari Guru Nasional 2019

Menurut Dedie, untuk Stadion Pajajaran Bogor, Pemkot sudah mengajukan bantuan pusat untuk revitalisasi stadion dan kawasan GOR melalui Pusat Pengembangan Sarana Prasarana Pendidikan, Olahraga dan Pasar pada Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR sejak tahun lalu.

“Saat ini sedang menunggu jawaban Pusat terkait nilai yang akan dibantu Pemerintah Pusat,” kata Dedie. 

Seperti diketahui, dengan ditetapkannya enam stadion utama sebagai tempat perhelatan Piala Dunia U-20, maka Indonesia juga harus menyiapkan beberapa stadion lain sebagai pendukung. Sesuai syarat dari FIFA, mesti disediakan pula total 30 lapangan latihan karena setiap satu stadion utama harus didukung dengan lima lapangan latihan di sekitarnya. [] Anto 

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

10 + = 15

Terpopuler

To Top