Regional

Hari Laut Sedunia, Jabar Optimalkan Potensi Laut sebagai Sumber Kehidupan

BOGOR-KITA.com, BANDUNG – Tanggal 8 Juni diperingati sebagai Hari Laut Sedunia. Pemerintah Daerah Jawa Barat menggunakan momen tersebut untuk melakukan refleksi dan evaluasi terkait berbagai program pembangunan di bidang kelautan dan perikanan.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Barat Hermansyah mengatakan, Hari Laut Sedunia harus dijadikan spirit bagi masyarakat untuk mengelola laut sebagai sumber kehidupan atau mata pencaharian.

“Di era Pemerintahan Bapak Jokowi dicanangkan bahwa laut tidak lagi menjadi halaman belakang, tapi harus di depan dan menjadi masa depan kehidupan. Laut tidak lagi menjadi muara sampah, tapi harus menjadi teras yang indah,” kata Hermansyah, Selasa (8/6/2021).

Karena itu, pemerintah daerah meminta semua pihak di Jawa Barat agar menjaga kelestarian laut dan seluruh isi yang terkandung di dalamnya. Penangkapan ikan secara ilegal dengan bahan peledak, membuang sampah domestik, hingga pengeboran minyak yang mengabaikan aspek lingkungan hendaknya dihindari.

Baca juga  Lusiana Nurissiyadah Sebut Tantangan NU ke Depan

Menurut Hermansyah, Jabar merupakan provinsi dengan kekayaan laut luar biasa, baik di sisi di utara maupun selatan.

“Keduanya memiliki karakteristik yang unik, oleh sebab itu harus dimanfaatkan dan dijaga,” kata dia.

Tercatat, panjang pantai di Jabar sekitar 858.03 kilometer di utara dan selatan serta luas lautnya 1.399.485 hektare. Potensi alam yang apabila dikelola dengan baik akan menjadi sumber kehidupan bagi masyarakat.

Saat ini, Jabar juga memiliki sekitar 143.510 nelayan yang tersebar di 11 kabupaten/kota yang memiliki pesisir pantai. Mereka menggantungkan hidupnya dari lautan.

Selain untuk mencari ikan, pesisir pantai Jabar juga berpotensi sebagai destinasi wisata. Ada sekitar 81 destinasi wisata yang berhubungan langsung dengan laut di Jabar. Tentu saja banyak masyarakat yang menggantungkan hidupnya di sini.

Baca juga  Jubir Covid-19 Kabupaten Bogor: 93 Positif, Cibinong Turun, Gunungputri Melonjak, 24

Salah satu upaya Pemda Jabar menjaga kelestarian laut yaitu dengan menambah jumlah luasan kawasan konservasi laut yang sampai saat ini baru 104.567,82 hektare.

Perbaikan terumbu karang lewat transplantasi juga terus dilakukan, terutama di kawasan pesisir agar tetap bisa menjadi nursery ground bagi berbagai jenis ikan.

Hari Laut Sedunia tahun 2021 mengambil tema ‘The Ocean: Life and Livelihoods’ yang artinya, ‘Laut: Hidup dan Mata Pencaharian’. [] Imam

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top