Kab. Bogor

Gugus Tugas Gencarkan Sosialisasi Jelang Tes Swab Massal di Pasar Parung

BOGOR-KITA.com, PARUNG – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kecamatan Parung terus menggencarkan sosialisasi jelang pelaksanaan tes swab massal gratis yang akan digelar di Pasar Parung, Senin (6/7/2020) mendatang.

“Kegiatan wawar ini bertujuan memberikan pemahaman utuh kepada pedagang dan masyarakat tentang apa itu tes swab dan kegunaannya. Sehingga tidak ada rasa ketakutan dan semua bisa berpartisipasi,” kata Camat Parung Yudi Santosa, Jumat (3/7/2020).

Camat Parung menjelaskan, tes swab massal gratis tersebut diadakan untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran covid-19. Ditargetkan dalam kegiatan ini, sambungnya, sekitar 150 orang pedagang dan warga dapat mengikuti screening tes swab covid-19. “Waktu pelaksanaan tes pada hari Senin, 6 Juli 2020 mulai jam 08.00 WIB. Kegiatan ini dilakukan meliputi Pasar Tohaga, Pasar Hewan, Pasar Raya, Pasar Ikan Hias, Pasar Lugina dan Pertokoan Kita Jaya,” jelas camat yang komunikatif ini.

Baca juga  Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Parung dan Ciseeng Alami Kenaikan

Yudi Santosa menambahkan, tes swab massal diutamakan untuk para pelaku usaha/pedagang di area Pasar Parung dan warga Kecamatan Parung yang memiliki identitas diri (KTP). Dia menuturkan, pelaksanaan tes swab kepada setiap orang hanya butuh waktu beberapa menit saja. Untuk hasilnya akan diberitahukan kepada yang bersangkutan langsung dan dijamin kerahasiaannya. “Lalu apabila hasil tes swab tersebut ditemukan ada yang positif, saya pastikan tidak akan ada penutupan pasar ataupun toko. Tetapi akan dilindungi dan dibantu dalam penyembuhannya,” ujar Yudi Santosa.

Sementara Endang Darmawan, Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban (Kasi Trantib) ex-officio Kanit Pol PP Kecamatan Parung menjelaskan, sesuai arahan Camat Parung pihaknya telah melakukan sosialisasi sejak beberapa hari lalu. “Kami sudah sosialisasi ke seluruh area pasar. Akan terus dilakukan hingga jelang hari pelaksanaan giat swab test tersebut,” ucapnya.

Baca juga  Pedagang Pasar dan Pekerja di Parung Antusias Daftar Vaksinasi

Terpisah, Kepala Unit Pasar Parung PD Pasar Tohaga Adang Iskandar menjelaskan, sosialisasi dilakukan mengingat luasnya area serta banyaknya jumlah pedagang di pasar tersebut. Dirinya juga optimistis, pelaksanaan tes swab akan berjalan partisipatif dan lancar, karena pernah dilakukan test swab secara random (acak) beberapa waktu lalu oleh petugas gabungan dipimpin Camat Parung. “Waktu itu tes swab dilakukan random  pada 25 orang pedagang dan pengunjung. Alhamdulillah hasilnya negatif semua. Semoga pasar ini terbebas dari Covid-19,” tutup Andang Iskandar. [] Fahry

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top