Gojek Berikan Istri Mitra Pelatihan Wirausaha

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Gojek Indonesia memberikan pelatihan memasak terhadap 150 istri mitra Gojek di Hotel 101 Suryakencana, Kota Bogor, Munggu (19/1/2020).

Kegiatan yang didukung oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Bogor ini memberikan pelatihan berupa membuat produk makanan dan memberikan bekal bagaimana memilih nama produk dagang.

Distrik Operation Manager Gojek Bogor Depok, Adi Setiadi mengatakan kegiatan ini baru di wilayah Kota dan Kabupaten Bogor namun bukan pertama kali dilakukan dalam skala nasional.

Menurutnyta penyelegaraan pertama ini dikhususkan untuk keluarga dari mitra Gojek baik roda dua dan roda empat. Tahap pertama 150 orang tahapan yang dilakukan adalah memberikan kelas memasak.

“Tahap selanjutannya kita membuat program pembekalan bagaimana memilih nama produk dagang atau merchandise yang bagus, bagaimana mengambil foto makanan yang bagus, bagaimana melakukan promosi yang bagus,” ucap Adi didampingi  Driver Engagement Supervisor Gojek Bogor, Aryo Dwi Harprayudi kepada wartawan.

Dengan demikian, lanjut Adi pihaknya akan mengevaluasi semua istri mitra yang mengikuti pelatihan ini selama tiga bulan, selain itu pihaknya juga akan membina istri mitra Gojek tersebut untuk dilihat apa kebutuhannya, sehingga dirinya berharap dalam menjalankan program ini  istri mitra Gojek dapat berkontribusi dalam pendapatan keluarga. 

“Yang memberi pelatihan memasak masak ini dari chef khalid Hotel 101, selanjutnya, pembinaan dan pembekalan akan dilakukan dari Gojek Indonesia,” katanya.

Adi menerangkan bahwa, pihaknya ingin melihat keberhasilan dari program ini.  Untuk itu pihaknya  melihat  istri dari mitra Gojek yang sudah memiliki usaha kuliner untuk berpartisipasi tetapi belum terdaftar dalam layanan Gojek.

“Kedua, istri yang sudah punya usaha rumahan namun hanya di dapur sendiri yang hanya sesekali menjalankan bisnis saat ada pesanan, ketiga dibuka secara umum yang belum memiliki usaha, prioritas yang menjadi terakhir dengan pelatihan ini mereka memiliki ide,” terangnya.

Sementara, Kepala Disperindag Kota Bogor, Ganjar Gunawan menuturkan,  Disperindag mensupport apa yang digagas Gojek, ini bagian dari kepentingan Pemkot Bogor dengan mengembangkan wirausaha baru atau UMKM di Kota Bogor agar lebih meningkat. Pelatihan ini tujuannya meningkatkan ekonomi keluarga besar Gojek, tapi kedepannya berkepentingan bagi masyarakat yang ingin menjadi pelaku UMKM.

“Jadi Pemkot Bogor dan Gojek ini memfinalisasi secara umum atau global, dalam MoU itu kami berkepentingan pengembangan wirausaha baru. Banyak sektor lain yang digagas dalam kerjasama dengan Gojek. Jadi kami berpikir bagaimana muncul pelaku UMKM baru yang menyediakan lapangan pekerjaan,” kata Ganjar.

Ia juga menyampaikan agar layanan Gojek ini merambah dunia UMKM Kota Bogor. Sehingga ini tahap awal dahulu, baru nanti ditambahkan.

“Jadi ini program baru, nanti kami juga melakukan pendampingan kepada peserta pelatihan disini. Yang kurang bagaimana, jadi misal seleksi alam dari 150 peserta misal  jadi 50 orang yang berhasil buka usahanya,” pungkasnya. [] Ricky


TAG

Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *