Kab. Bogor

Gebyar Pasar Ramadan, Ratusan Warga Ngabuburit di Kantor Kecamatan Rumpin

BOGOR-KITA.com, RUMPIN – Ramadan tahun ini terasa istimewa dan spesial bagi masyarakat Rumpin. Pasalnya, pada tahun ini, diadakan launching perdana Gebyar Pasar Ramadan oleh Himpunan Mahasiswa Rumpin (HMR).

Serunya lagi, lokasi dari Gebyar Pasar Ramadan ini berada di tempat strategis yaitu di halaman Kantor Kecamatan Rumpin. Antusiasme warga masyarakat Rumpin sangat tinggi, hal ini terlihat saat pembukaan Pasar Gebyar Ramadhan, pada Minggu, 3 April 2022, bertepatan dengan hari pertama puasa Ramadan.

Tampak ratusan warga Rumpin datang ke kantor Kecamatan Rumpin untuk sekedar melihat dan belanja sekaligus “ngabuburit” bareng menunggu datangnya waktu untuk berbuka puasa atau adzan Maghrib berkumandang.

Ketua Umum HMR, Ibnu Sakti Mubarok mengatakan, Pasar Gebyar Ramadan ini menyediakan berbagai menu buka puasa mulai dari jajanan anak – anak, gorengan, takjil buka puasa, pakaian dan berbagai jenis permainan anak. Selain itu, setiap hari disediakan pula tempat untuk buka bersama gratis dengan live music yang bisa dinikmati oleh setiap pengunjung.

Baca juga  Dhika Fradita Terpilih Jadi Komandan Unit Koti Mahatidana PP PAC Kemang

“Kami berharap, kegiatan Gebyar Pasar Ramadan dapat menjadi icon wajah baru dari Kecamatan Rumpin, menjadi solusi pemulihan ekonomi, dan menjadi tempat ngabuburit dan buka bersama sebagai sebuah tadisi kearifan lokal yang tidak terpisahkan di bulan Ramadan,” ungkap Sakti, sapaan akrabnya.

Selain itu, sambung Sakti, tujuan paling utama kegiatan ini adalah tumbuhnya geliat ekonomi dari warga masyarakat Rumpin sehingga mampu meningkatkan penghasilan dan taraf ekonomi, setelah 2 tahun lebih dihantam oleh pandemi Covid-19.

Sementara itu, Rinaldi, Ketua Pelaksana kegiatan menuturkan, Gebyar Pasar Ramadan ini dibuka untuk umum mulai pukul 15.00 hingga 22.00 WIB. Lokasi pasar ini disediakan terutama untuk para pedagang yang berdomisili di Kecamatan Rumpin atau warga masyarakat Rumpin.

Baca juga  Tiga Wanita di Gunungsindur Jadi Korban Dukun Cabul

“Pendaftaran untuk para pedagang akan terus dibuka sampai akhir dari pagelaran Gebyar Pasar Ramadan,” imbuh Rinaldi.

Seorang pengunjung, Idan (28) mengaku senang dan antusias untuk datang ke giat Gebyar Pasar Ramadan tersebut. Menurutnya, gebyar pasar Ramadhan sangat membantu masyarakat dalam menyiapkan menu berbuka puasa.

Hal serupa dirasakan oleh salah satu pedagang bernama Hikmat (41) yang ikut berjualan di lokasi Gebyar Pasar Ramadan tersebut.

“Alhamdulilah dagangan saya laris manis dan langsung habis terjual. Pengunjung sekaligus pembeli ramai datang ke pasar dadakan puasa ramadan ini,” tukasnya. [] Fahry

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top