Walikota Jakarta Timur Muhammad Anwar

Galeri Perupa Jakarta di Pasar Gembrong Baru Diharapkan Picu Gairah Ekonomi Kreatif

BOGOR-KITA.com. JAKARTA – Galeri Perupa Jakarta Raya di Pasar Gembrong Baru, Jatinegara diharapkan  dapat bermanfaat bagi pelaku senirupa untuk memicu gairah ekonomi kreatif dengan produktifitas karya karya yang berkualitas.

Harapan itu disampaikan Walikota Jakarta Timur Muhammad Anwar saat meresmikan Galeri Perupa Jakarta Raya di Pasar Gembrong Baru, Jl Basuki Rahmat, Jatinegara, Kamis (6/8/2020).

“Kami harapkan semua unit terkait mendukung untuk memajukannya sehingga galeri perupa ini menjadi destinasi wisata seni rupa,” kata Anwar. Lebih lanjut Walikota Anwar mengharapkan di galeri tersebut   para perupa dapat berkreasi yang produktif, namun tetap menerapkan protokol kesehatan.

Diharapkannya pula agar  para  perupa juga  menciptakan edukasi seni agar masyarakat makin mematuhi protokol kesehatan. Misalnya goresan di atas kanvas yang memvisualkan peti mati sebagai peringatan bahaya Covid-19.

Dijelaskan oleh walikota, semula  Pasar Gembrong Baru ini  dibangun untuk menampung pedagang kaki lima (PKL) yang menjual mainan anak-anak dan karpet yang ada di Jl Basuki Rahmat. Tetapi tak diketahui penyebabnya mengapa pasar itu tetap  sepi. Akibatnya banyak pedagang yang meninggalkannya. Kekosongan kios kios di pasar itu dimanfaatkan para pelaku seni rupa untuk ajang pameran sekaligus berkreasi.

Baca juga  Mengenakan Face Shield Tanpa Masker, Perlindungan Terhadap COVID-19 Tak Maksimal

Sementara itu Ketua Perupa Jakarta Raya Andi Suwandi  menuturkan, galeri perupa ini bisa menjadi ajang kolaborasi antara perupa dengan masyarakat.

Makanya dia akan mengajak para perupa  menjadikan galeri ini sebagai ajang destinasi wisata bidang seni rupa.

Saat ini kata Andi Suwandi di  pasar itu ada 49 kios. Dari jumlah itu telah 35 kios  yang bisa dimanfaatkan 80 perupa untuk berkarya cipta. Ada karya seni lukis kontemporer seni kriya, seni patung, seni lukis konvensional  maupun kontemporer. Tersedia pula buku-buku sastra, musik bahkan ada  juga barang antik.

“Galeri ini akan kita jadikan destinasi wisata yang banyak diminati masyarakat,” ujarnya.

Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Jakarta Timur Russuharto mengakui pentingnya harapan Walikota Anwar tersebut dilaksanakan.

Russuharto menegaskan agar untuk memajukan pariwisata Jakarta Timur  secara bertahap maka  Galeri Perupa Jakarta Raya di Pasar Gembrong Baru dapat dirangkaikan dalam satu paket wisata dengan Taman Benyamin  Suaeb, Galeri Batu Aji dan destinasi wisata sejarah Makam Pangeran Jayakarta.

Baca juga  WHO: Covid-19 Adalah Ujian Solidaritas Global

Usai pembukaan galeri itu Walikota Anwar beramahtamah dengan tokoh perupa Pasar Gembrong Baru dan Kasudin Parekraf Jakarta Timur. Walikota selanjutmya meninjau beberapa kios dengan lukisan lukisan menarik.

Tampak antara lain sosok  Presiden Jokowi maupun pendahulunya Presiden SBY dengan karakternya masing masing. Bermacam tema yang diangkat ke atas kanvas yang sebagian sudah berbingkai rapi menjadi lukisan yang menggugah hati dan menginpirasi. Menurut pihak panitia ada 400-an karya lukis dipajang di galeri baru itu. [] Hardjo



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *