Budy Sugandi

Era Revolusi Industri 4.0, Tantangan Bagi Pendidikan

BOGOR-KITA.com – Komisi Pendidikan Perhimpunan Pelajar Indonesia se-Dunia yang juga CEO Klikcoaching Budy Sugandi menuturkan  Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0 bukan hambatan melainkan tantangan dan peluang. Hal tersebut dikemukakan Budy saat dihubungi Bogor-Kita.com, Selasa, (26/2/2019).

“Bagaimana teknologi mempermudah tugas manusia dalam aktivitasnya sehari-hari sampai pada pekerjaan. Jadi sekali lagi bukan hambatan. Tentu semua negara harus siap menghadapi ini. Suka tidak suka, mau tidak mau. Nah, sistem Pendidikan harus diarahkan untuk menyambut tantangan ini,” terang Budy yang sedang menyelesaikan program doktoralnya di Tiongkok.

Menurut Budy, Pendidikan harus mampu membaca kebutuhan zaman sekarang dan masa depan tanpa harus menanggalkan identitas asli seperti kebudayaan.

“Karena alat dan robot tidak akan pernah mengalahkan manusia. Robot punya power namun manusia yang menciptakan mereka. Jadi Pendidikan jangan sampai menghilangkan sisi edukasi untuk “memanusiakan manusia”,” terang Budy.

Terkait pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0, beberapa waktu lalu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menuturkan di era Revolusi Industri 4.0 ini selain memberikan kesiapan kepada peserta didik, para guru pun perlu meningkatkan kompetensi dan kualitasnya.

“Sekarang hadir fenomena Revolusi Industri 4.0, sehingga diharapkan para guru meningkatkan profesionalisme, memberikan kesiapan pada peserta didiknya menghadapi persaingan yang semakin digital,” kata Emil.

“Tidak hanya mempersiapkan anak didiknya, tetapi guru-gurunya juga secara kompetensi harus meningkatkan kualitasnya,” lanjutnya.

Hal senada juga disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI Muhadjir Effendy dalam pidatonya yang disampaikan Gubernur Ridwan Kamil dalam upacara HGN Tingkat Provinsi Jawa Barat tersebut. Sesuai dengan tema HGN tahun ini “Meningkatkan Profesionalisme Guru Menuju Pendidikan Abad 21”, menurut Mendikbud guru perlu meningkatkan profesionalisme terkait mental, komitmen, dan kualitasnya agar memiliki kompetensi sesuai dengan perkembangan zaman Revolusi Industri 4.0  [] Hari



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *