Kota Bogor

DPRD Kota Bogor dan JANZZ.technology Swiss Bahas Masalah Ketenagakerjaan

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Perusahaan asal Swiss, JANZZ.technology melakukan kunjungan kerja ke DPRD Kota Bogor, Senin (20/11/2023) lalu.

Kedatangan perusahaan yang bergerak di bidang layanan teknologi pasar tenaga kerja ini mencoba membangun jembatan kerjasama guna menyelesaikan permasalahan ketenagakerjaan di Kota Bogor.

Perwakilan JANZZ.technology, diterima oleh Wakil Ketua Komisi III DPRD Kota Bogor, Iwan Iswanto beserta anggota Komisi III DPRD Kota Bogor, Eka Wardhana dan Sendhy Pratama di ruang rapat Komisi III DPRD Kota Bogor.

Iwan Iswanto menyampaikan bahwa berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bogor tahun 2023, pengangguran didominasi oleh lulusan SMA atau SMK sebanyak 37.652 orang.

Dengan begitu, Ia berharap, teknologi yang disuguhkan oleh JANZZ.technology bisa menjadi jembatan untuk warga Kota Bogor.

Baca juga  Komisi II Pertanyakan Dasar Perpanjangan Direksi Perumda Pasar Pakuan Jaya

“Dengan teknologi yang sudah dipaparkan, kami berharap, teknologi ini bisa menjadi jawaban atas persoalan ketenagakerjaan, karena sudah menggunakan AI untuk mengurai data-data yang ada,” kata Iwan pada Rabu (22/11/2023).

Sementara, anggota Komisi III Sendhy Pratama, memaparkan kepada pihak JANZZ.technology, berdasarkan data dari Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Bogor, angka pengangguran terbuka di Kota Bogor sebanyak 59.571 orang dari 556.541 orang yang terdata sebagai angkatan kerja.

Jumlah tersebut, kata Shendy menjadi masalah karena selama beberapa tahun terakhir, investasi yang masuk ke Kota Bogor, masih belum bisa menyerap tenaga kerja secara maksimal.

“Masih adanya pengangguran di Kota Bogor, menurut kami harus dicarikan solusinya. Sehingga kebutuhan pasar perusahaan dan SDM yang ada bisa cocok,” ujar Sendhy.

Baca juga  Bima Arya Serahkan Bantuan untuk Purna Tugas dan ASN

Kemudian, Anggota Komisi III lainnya Eka Wardhana menyampaikan bahwa DPRD Kota Bogor bersama Disnaker Kota Bogor terus berupaya meningkatkan kualitas calon pekerja dari Kota Bogor. Komitment itu ditunjukkan dengan dianggarkannya program pelatihan kerja didalam APBD Kota Bogor setiap tahun.

Namun, masalah penyaluran tenaga kerja selalu menjadi kendala. Sehingga, Eka, berharap Kota Bogor bisa menjalin kerja sama dengan JANZZ.technology guna menyalurkan tenaga kerja dari Kota Bogor.

“Pelatihan selalu digelar setiap tahun. Namun masalah penyaluran tenaga kerja selalu menjadi kendala. Kalau kerjasama ini bisa dijalin dengan memberikan solusi pengurangan angka pengangguran, menurut kami ini menjadi peluang yang bagus bagi para angkatan kerja di Kota Bogor,” jelas Eka. [] Ricky

Baca juga  Komisi 1 DPRD Kota Bogor Gagas Dana Kecamatan-Kelurahan 15 Persen dari APBD 2022
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top