Regional

DPRD Jabar Bakal Adopsi Calender of Event Pariwisata DIY

BOGOR-KITA.com, YOGYAKARTA – Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat mengapresiasi rangkaian penyelenggaraan kegiatan yang berkaitan dengan upaya peningkatan wisatawan ke Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Dalam setahun, pemerintah daerah Provinsi DIY menyelenggarakan banyak kegiatan yang dinilai dapat meningkatkan jumlah pengunjung. Hal itu diungkapkan Ketua Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat, Rahmat Hidayat Djati beserta anggota Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat dalam Kunjungan kerja Studi Komparasi ke Pemda DIY, Kamis (20/6/2024).

Menurut Rahmat, CoE DIY 2024 dapat menjadi acuan penting dalam mengagendakan kegiatan kepariwisataan di Jawa Barat. Tentu bukan diartikan meniru kegiatannya tetapi tema besar yang mengedepankan keutamaan yang menjadi khas pariwisata Jawa Barat.

Baca juga  DPRD Jabar Kawal Proses Tindak Lanjut Rekomendasi BPK

“Di Yogyakarta kan temanya Journey To Wonderful Jogja, di Jawa Barat bisa bertemakan kearifan budaya lokal yang berpotensi mengangkat kepariwisataan Jawa Barat,” ujar Rahmat.

Bahkan, lanjut Rahmat, ada beberapa even-even unggulan inspiratif yang bersifat makro. Artinya, dalam satu even yang digelar ada even lain yang memang mendukung dalam even utamanya. Misalnya, penyelenggaraan lari jarak jauh atau maraton yang dilaksanakan di Pangandaran, partisipannya dipastikan akan menarik banyak wisatawan.

“Sehingga, even wisatanya dapet, even kompetisinya juga dapet dengan adanya maraton di Pangandaran,” sebut Rahmat.

Menanggapi maksud dan tujuan Komisi II DPRD Jawa Barat, Kepala Dinas Pariwisata D.I. Yogyakarta, Anita Verawati menjelaskan, proses penyusunan Calendar of Event (CoE) ini untuk merangkum berbagai kegiatan unggulan di Yogyakarta sehingga menjadi informasi awal bagi masyarakat, terutama para wisatawan. Keberadaan CoE itu juga menjadi salah satu upaya memasarkan daya tarik pariwisata di Yogyakarta.

Baca juga  Tingkatkan Keandalan Pasokan Listrik, PLN UPT Bogor Lakukan Pemeliharaan Gardu Induk Lembursitu

“Calendar of Event ini adalah salah satu program strategis Dinas Pariwisata Yogyakarta untuk memasarkan daya tarik pariwisata melalui promosi event,” katanya

Lebih lanjut Anita menambahkan, tujuan dari pembuatan CoE ini untuk memberikan informasi awal berbagai event atau kegiatan yang berlangsung di Yogyakarta. Diharapkan keberadaan CoE bisa menjadi agenda kunjungan wisatawan ke Yogyakarta.

“Penyusunan CoE ini merangkum event-event unggulan, regular, event Dinas Pariwisata dan Dinas Kebudayaan Yogyakarta, kuliner, destinasi wisata, kerajinan dan direktori hotel. Event-event ini tidak hanya dilaksanakan oleh pemerintah tapi swasta juga, CoE ini ditampilkan dalam bentuk digital dan cetak”, paparnya.

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top