Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Dedi Mulyadi tinjau kondisi Pantai Cemarajaya di Desa Cemarajaya, Kecamatan Cibuaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Selasa (26/11/2019).

DPR RI Dorong Pemkab Karawang Relokasi Warga Pantai Cemarajaya

BOGOR-KITA.com, KARAWANG – Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Dedi Mulyadi prihatin dengan kondisi Pantai Cemarajaya di Desa Cemarajaya, Kecamatan Cibuaya, Kabupaten Karawang, yang terdampak abrasi hingga merusak pemukiman warga yang bermukim di bibir pantai pesisir Karawang.

“Menurut informasi pantai bibir sepanjang 7 kilometer  sudah rusak terdampak abrasi setiap tahun,” kata Dedi saat meninjau langsung ke lokasi, Selasa (26/11/2019).

Mantan Bupati Purwakarta yang kini bertugas di Senayan Jakarta ini, mengatakan dalam jangka pendek sekitar 199 kepala keluarga akan direlokasi ke tempat yang lebih aman, namun tidak jauh dari pemukiman semula yang sudah disiapkan Pemkab Karawang.

“Dalam jangka pendek, warga harus segera dievakuasi karena khawatir abrasi terus terjadi,” katanya.

Jangka panjangnya, selain mereklamasi pantai yang sudah rusak akibat abrasi, akan dibuat penahan gelombang tinggi dan penanaman pohon sehingga dapat mengurangi kerusakan akibat abrasi .

“Reklamasi pantai butuh waktu panjang,  sehingga harus ada site plane, untuk biaya reklamasi saya akan berjuang di Komisi IV DPR RI,” tandasnya.

Dedy mengatakan, upaya jangka pendek adalah bagaimana supaya masyarakat pantai yang berada di bibir pantai bisa tenang dan nyaman.

“Untuk  kita gotong royong untuk melakukan relokasi sementara buat warga yang rumahnya rusak akibat abrasi,” imbuhnya.

Kunjungan Wakil Ketua Komisi IV DPR RI juga didampingi anggota DPRD Jabar Sri Rahayu, dan anggota Fraksi Golkar DPRD Karawang. [] Nandang

 



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *