e-KTP dan KIA yang sudah jadi, menumpuk di Disdukcapil Kota Bogor.

Disdukcapil Kota Bogor Imbau Warga Ambil E-KTP dan KIA

BOGOR-KKITA.com – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bogor mengimbau warga Kota Bogor untuk segera mengambil Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) dan kartu Identitas Anak (KIA) yang telah selesai dicetak.

Imbauan ini disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Penyajian Informasi Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data Disdukcapil Kota Bogor, Christina Ari Setyaningsih, saat ditemui di Kantornya, Jumat (26/4/2019).

Menurut Ari, sapaan akrabnya, sejak layanan http://e-menanduk.kotabogor.go.id/ pada pertengah Februari 2019 dibuka, banyak warga Kota Bogor yang merespon dengan baik dan saat ini sudah banyak E-KTP yang sudah dicetak, namun belum diambil pemiliknya. Ari menyatakan pemberitahuan notifikasi melalui SMS sudah dikirimkan.

Untuk E-KTP melalui layanan offline di wilayah dan online melalui website dalam sehari permintaannya berada di kisaran 1.000 orang. Sedangkan untuk KIA dibatasi setiap 300 keping mengingat Sumber Daya Manusia (SDM) nya masih terbatas.

“Saat ini persoalan yang dihadapi banyak warga yang belum mengambil E-KTP nya, padahal pemberitahuan melalui notifikasi layanan SMS sudah dikirim. Jika tidak segera diambil sementara layanan tetap kami buka, maka akan semakin banyak E-KTP yang menumpuk,” terang Ari.

Awalnya Disdukcapil Kota Bogor ingin berkoordinasi dengan pihak kelurahan dan kecamatan untuk menyalurkan E-KTP dan KIA yang sudah tercetak, namun urung dilaksanakan karena pihak kecamatan dan kelurahan tengah melaksanakan proses rekapitulasi suara Pemilu 2019.

“Selama ini cukup banyak masyarakat yang menyampaikan keluhannya lewat berbagai media sosial, kapan KTP jadi, tapi ketika sudah jadi belum diambil,” ujar Ari.

Secara umum Ari menjelaskan, untuk E-KTP hingga saat ini sudah ada 5.096 keping yang siap diambil, 1.184 keping sedang diproses, ada 102 sedang diverifikasi dan 4.367 keping yang sudah diambil. Sementara untuk KIA, ada 7.259 keping yang siap diambil, 211 sedang diproses, 970 proses verifikasi dan 1.886 keping sudah diambil. [] Admin/Humas Pemkot Bogor



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *