Kota Bogor

Dibuka Untuk Umum, SEAMEO Biotrop Soft Launching Kawasan Agroekoeduwisata

BOGOR-KITA.com, BOGOR – SEAMEO Biotrop mengembangkan kawasan Agroekoeduwisata di Kampus SEAMEO Biotrop, Kelurahan Pakuan, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor.

Program Agroekoeduwisata ini di-soft launching dalam rangkaian agenda sidang dewan pembina SEAMEO Biotrop, Rabu (5/10/2022).

Program ini merupakan bentuk pariwisata yang memadukan bentang alam (ekosistem) dan pendidikan berbasis pertanian sebagai daya tarik atau destinasi bagi wisatawan dan pengunjung.

“Ini dirancang untuk menyatukan unsur-unsur ekosistem dan memanfaatkan landscape dan fasilitas ramah lingkungan dalam mendidik masyarakat tentang nilai-nilai keanekaragaman hayati,” ucap Direktur SEAMEO Biotrop Zulhamsyah Imran.

Agroekoeduwisata SEAMEO Biotrop bertujuan untuk memberikan pengetahuan ilmiah yang meliputi Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM).

“Untuk kegiatan yang bersifat laboratorium, bagaimana melakukan uji coba membuat parfum, sabun dan minyak atsiri menjadi bagian yang akan disampaikan kepada pengunjung,” jelasnya.

Baca juga  28 Kontingen se-Jabar Siap Rebut 36 Medali Emas Porpemda XI

Selain itu, pengunjung juga akan mendapatkan pengetahuan tentang urban agriculture sistem hidroponik dan akuaponik. Termasuk cara beternak lebah madu tanpa sengat.

“Masih ada beberapa fasilitas baru, di antaranya lebah tanpa sengat, sensory garden, terapetik garden, area camping dan kebun buah-buahan, termasuk juga ada kebun jati,” katanya.

Di kawasan ini, lanjt Zulhamsyah, pihaknya juga mengkonservasi tumbuhan langka, seperti gaharu, cendana, meranti dan trembesi. Keberadaan pohon-pohon itu diharapkan kedepan bisa memberikan manfaat memproduksi banyak oksigen untuk Kota Bogor.

Agroeduwisata SEAMEO Biotrop ini juga akan dibuka untuk masyarakat umum. “Saat ini sampai satu tahun kedepan masih free, sambil menyiapkan semua tempat yang akan dikunjungi. Tapi mudah-mudahan kita tidak orientasi komersial, hanya sekedar untuk bagaimana mencukupi biaya operasional dan maintenance cost,” pungkasnya. [] Ricky

Baca juga  Corona Kota Bogor Tertular Turun Tipis Lagi, 23 Positif, 13 Sembuh
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top