Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tingkat Kota Bogor digelar di Lapangan Kodim 0606/Kota Bogor, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Bogor, Senin (1/10/2018).

Dandim Kota Bogor Minta Koramil Kenalkan Bahaya Komunisme ke Sekolah

BOGOR-KITA.com – Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tingkat Kota Bogor digelar penuh khidmat di Lapangan Kodim 0606/Kota Bogor, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Bogor, Senin (1/10/2018). Peringatan upacara yang dipimpin Walikota Bogor Bima Arya dihadiri unsur TNI dan Polri dan masyarakat.

Letkol Inf Doddy Suhardiman, Komandan Kodim 0606/Kota Bogor mengatakan, adanya peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini untuk mengingatkan sejarah tentang kejadian Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia (G30S/PKI) pada 1965.

Ada enam jenderal dan satu ajudan dibunuh di kawasan Lubang Buaya. Dengan waktu yang singkat dari hasil informasi masyarakat dan saksi tepat 1 Oktober 1965 tempat dibuangnya mayat jenderal dapat diketahui. Dari hari itulah dijadikan sebagai Hari Kesaktian Pancasila.

“Ini sebagai representasi dari G30S/PKI yang ingin mengganti ideologi Pancasila dengan ideologi komunis. Tapi Pancasila ini punya kemampuan untuk bertahan karena memang lahir dari akar bangsa Indonesia,” jelasnya.

Saat ini pemutaran film G30S/PKI, lanjut Doddy, memang tidak bersifat wajib, dipersilakan jika ada yang ingin memutar, jika tidak juga tidak menjadi masalah. Sebab, selain dari menonton film G30S/PKI, pihaknya selama seminggu ini meminta koramil dan Babinsa untuk mengenalkan Bela Negara ke sekolah-sekolah dengan tema bahaya komunisme secara serentak.

Baca juga  Sambut Penilaian Adipura, Pasar Gunung Batu Giat Jumsih

Hal ini dilakukan TNI agar generasi muda saat ini tidak melupakan sejarah. Sebab melalui sejarah akan dapat mengetahui identitas negara sehingga bisa menumbuhkan rasa bela negara.

“Dalam setiap kegiatan bela negara saya selalu sampaikan sebelum bela negara kalian harus tahu dulu siapa yang dibela. Kalau kita sudah kenal pasti kita akan sayang,” pungkasnya. [] Admin



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *