Kab. Bogor

Damkar Ciawi Edukasi Siswa PAUD Hafizh Qurani

BOGOR-KITA.com, CIAWI – Edukasi pencegahan bahaya kebakaran pada anak usia dini terus dilakukan, salah satunya yang dilakukan Sektor Damkar Ciawi kepada sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Hafizh Qurani Desa Cibedug, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, Senin (28/3/2022).

Kepala Sektor Damkar Ciawi, Nendri mengatakan, edukasi kebakaran ini tak lain memberikan pelajaran bagaimana ketika api mulai muncul. Minimal, melalui edukasi ini anak-anak tahu bagaimana yang harus dilakukan ketika api mulai membahayakan.

“Nah ini adalah wujud tanggung jawab sekolah dalam rangka mengedukasi sejak dini pada siswa-siswi dalam upaya menekan jumlah insiden kebakaran,” ujar Nendri kepada wartawan.

Minimalnya pemahaman akan persiapan menghadapi bahaya kebakaran menjadi isu di kalangan masyarakat, karena jika percikan awal api tidak segera ditangani maka akan fatal akibatnya.

Baca juga  Kebakaran di RS Sentra Medika Cibinong, Api Sudah Dipadamkan

Oleh karena itu, informasi mengenai bahaya kebakaran dan penanggulangannya akan terus dilakukan secara berkesinambungan.

“Jadi penting sekolah miliki Alat Pemadam Api Ringan (APAR), karena dengan adanya alat tersebut setidaknya bisa mengedukasi pada anak perihal waspada bahaya kebakaran, sehingga sejak usia dini anak sudah dapat mengetahui tindakan pencegahan dan antisipasi bila terjadi kebakaran,” bebernya.

Lanjut Nendri, Kegiatan ini melibatkan para murid, orangtua untuk mendampingi, dan staf sekolah. Selain penyampaian edukasi seputar api dan bahaya yang dapat ditimbulkan, terdapat demo penggunaan langsung Alat Pemadam Api Ringan (APAR) bersama para peserta.

“Iya APAR itu harus diketahui sejak dini, mulai dari perawatan, peletakan, hingga cara penggunaan kepada Peserta didik serta memahami betapa pentingnya,” ucapnya.

Baca juga  Ada Aduan Warga, Satpol PP Sidak Galian Tanah di Cibeteung Muara

Selain itu pengadaan APAR di setiap rumah dan dilokasi sekolahan sangat penting demi keamanan dan keselamatan anggota keluarga mereka. [] Danu

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top