Regional

Calon Kepala Dinas di Purwakarta Diseleksi Berbasis CAT

BOGOR-KITA.com, PURWAKARTA – Puluhan pejabat esselon III di lingkungan Pemda Purwakarta mengikuti uji kompetensi di ruang Assesment Polda Jabar, Rabu (8/1/2020). Dalam pelaksanaan Open Bidding yang dilaksanakan Pemda Purwakarta kali ini, dimaksudkan untuk menjaring calon pimpinan di lima Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dengan melibatkan Polri sebagai tim penguji.

 “Untuk tahap uji kompetensi kali ini menggunakan metode Computer Assited Test (CAT) dengan dibantu Biro SDM Polri, yang dilaksanakan di Mapolda Jabar. Berbeda dengan sebelumnya yang menggunakan metode manual,” ungkap Asep Supriatna,  Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Purwakarta.

Uji kompetensi atau assesment ini lanjut dia,  merupakan tahapan ketiga setelah sebelumnya peserta open bidding melewati proses seleksi administrasi dan pengukuran rekam jejak yang menggunakan metode indikator dan parameter mulai dari pengalaman kerja, lama pengabdian dan prestasi peserta.

Baca juga  Open Bidding Untuk Kader Mumpuni

 “Hari ini selain CAT, peserta open bidding juga akan dites wawasan pengetahuan melalui FGD dan tes wawancara oleh assesor Mabes Polri dan Polda Jabar,” jelasnya.

 Pihaknya memaparkan, oppen bidding yang dilaksanakan oleh Pansel Pemda Purwakarta merupakan kali pertama dengan melibatkan pihak kepolisian sebagai tim penguji. Selain untuk objektivitas dan independen dalam melakukan penilaian, keterlibatan Polri dalam melakukan pengujian ini dilakukan untuk mewujudkan calon-calon pemimpin yang betul-betul mumpuni.

 “Pengumuman nilai kita selalu langsung umumkan per tahapan. Ini untuk keterbukaan,” ujarnya.

 Seperti diketahui, tahapan open bidding dilaksanakan sejak Desember 2019 dan hasil akhir akan diumumkan pada Januari 2020. Lima jabatan kepala dinas yang di-open biddingkan di lingkungan Pemkab Purwakarta yakni, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga, Dinas Kearsipan, Dinas Perhubungan (Dishub) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Purwakarta.

Baca juga  Ada Syarifah Sofiah, Ini 6 Calon Sekda Kota Bogor Lolos Seleksi Administrasi

Setelah tahapan assesment peserta open bidding akan mengikuti tahapan penyampaian makalah dan tes wawancara oleh panitia seleksi (Pansel)  Pemda Purwakarta. [] Heru

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top