Kab. Bogor

Bupati Bogor Minta Kepala Desa Berinovasi Tingkatkan Kinerja

Bupati Bogor Nurhayanti

BOGOR-KITA.com –  Bupati Bogor Nurhayanti meminta kepala desa di seluruh Kabupaten Bogor agar berinovasi untuk meningkatkan kineja.

Hal itu diungkapkannya usai membuka Bursa Inovasi Desa di Gedung Tegar Beriman, Cibinong, Kamis (15/11/2018).

Nurhayanti meminta para kepala desa untuk membuat inovasi dan program yang dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat. Dengan anggaran yang bisa mencapai Rp1 miliar per tahun, Nurhayanti ingin kinerja desa maksimal.

“Desa harus mampu mendata potensi yang dimilikinya untuk dikembangkan menjadi inovasi. Dan pendataannya harus valid. Karena pemerintah pusat sudah memberikan bantuan dana sedemikian rupa seperti ini,” tegas Nurhayanti.

Dalam Bursa Inovasi Desa ini, Nurhayanti mengharapkan pemerintah desa memiliki perencanaan, pelaksanaan, pengendalian dan pemanfaatan kegiatan terlebih dahulu, agar pembangunan desa dapat terus meningkat dan memberikan dampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Inovasi yang dikembangkan harus mampu meningkatkan produktifitas pedesaan dalam tiga bidang. Yakni pengembangan kewirausahaan, pemenuhan dan peningkatan infrastuktur serta peningkatan kualitas sumberdaya manusia,” jelasnya.

Ditambahkan, untuk menggenjot semua itu, para kepala desa harus berbenah diri.

Baca juga  KPK Kunjungi Kabupaten Bogor, Ini Kata Pengamat Hukum

“Kepala desa harus punya data valid terkait potensi wilayahnya serta menguasai masalahnya,” tambah Nurhayanti.

Ia juga meminta kegiatan bursa inovasi desa ini dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk membangkitkan daya inovasi dan saling bertukar pengalaman secara partisipatif, sehingga pada gilirannya nanti setiap desa akan memiliki program unggulan yang inovatif dengan mendayagunakan alokasi dana desa sebagai investasi dalam peningkatan produktivitas dan kesejahteraan masyarakat.

Nurhayanti juga menjelaskan bahwa masa depan daya saing bangsa antara lain dipengaruhi oleh sampai sejauh mana penguasaan teknologi dan implementasinya untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

“Dengan teknologi, kita berpeluang membawa perubahan dan perbaikan layanan publik di berbagai sektor pembangunan, sehingga mendorong unit kerja pada tujuannya sebagai sumber pengembangan dan perluasan layanan publik sesuai tugas dan fungsinya masing-masing,” ungkapnya.

Masih menurut Bupati Bogor inovasi-inovasi teknologi yang berdimensi masa depan dan bermanfaat bagi masyarakat, juga potensial meningkatkan performa aparatur pemerintah menuju terwujudnya reformasi birokrasi serta layanan publik berbudaya prima yang mengayomi dan memenuhi hak-hak masyarakat secara optimal.

Baca juga  Pukul Petugas PSBB di Jonggol, Seorang Pemuda Diamankan Polisi

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Deni Ardiana meminta desa untuk benar-benar memanfaatkan kegiatan ini agar dapat membangkitkan daya inovasi dan saling tukar pengalaman secara partisipatif sampai menghasilkan sesuatu sesuai tujuan melalui sumber dana yang ada.

Ke depan, daya saing bangsa juga sedikit banyak akan ditentukan oleh penguasaan teknologi dan mampu mengimplementasikannya kepada masyarakat.

“Kita juga harus mampu memanfaatkan teknologi yang terus berkembang. Dengan begitu, peluang untuk membawa perubahan dan perbaikan pelayanan publik di berbagai sektor akan mampu mendorong pemanfaatan dan pengembangan serta perluasan layanan sesuai tupoksinya masing-masing,” ujar Deni. [] Admin/PKR

 

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top