Kota Bogor

BNPB dan BPBD Gelar Workshop Kurangi Risiko Bencana

Workshop kurangi risiko bencana

BOGOR-KITA.com – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), yang bertanggungjawab langsung untuk menangani setiap bentuk bencana.  menggelar workshop penyusunan kerangka kerja Pengurangan Resiko Bencana (PRB) di Hotel Aston, Bogor, Kamis (29/10/2015).

Sekretaris Daerah Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat yang membuka workshop mengatakan, dengan perkembangan jumlah penduduk yang cukup signifikan, potensi bencana yang selalu mengancam menjadi ancaman yang perlu disiasati. Dalam kaitan itu Ade Sarip melihat penyelenggaraan workshop ini menjadi penting, karena pada pertemuan ini dapat dirumuskan upaya-upaya  meminimalisir resiko bencana melalui edukasi ke  masyarakat.

Menurutnya dengan sinergitas yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan di tingkat lokal, nasional, regional dan bahkan global serta masyarakat, maka  akan didapatkan dampak positif dalam penanganan dan pengelolaan bencana yang dapat terjadi sewaktu-waktu.

Baca juga  Ini Siasat Bima Geser Pejabat Tak Berkinerja

Sedangkan menurut Kepala Pelaksana BPBD Kota Bogor, Ganjar Gunawan workshop ini menjadi langkah awal usaha Pemerintah Kota Bogor mewujudkan kota ini sebagai Kota Tangguh.
Pembentukan Kota Tangguh merupakan program yang telah diikuti kota-kota di 181 negara, dan merujuk pada dokumen Sendai Framework Disaster Risk Reduction (SFDRR) 2015-2030. Menurut Ganjar, “Dengan keterlibatan semua pihak, mulai masyarakat, pemerintah dan stakeholder lainnya diharapkan dapat terbangun kemitraan dan kerjasama mewujudkan ketangguhan masyarakat menghadapi potensi bencana akibat degradasi lingkungan dan perubahan iklim. [] Admin

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top