Bill Gates (Foto AFP)

Bill Gates Sebut SK Bioscience Mampu Produksi 200 Juta Dosis Vaksin Covid-19 per Tahun Mulai Juni 2021

BOGOR-KITA.com, BOGOR- Bill Gates sebagai Co-founder Microsoft dan co-chairman Bill & Melinda Gates Foundation, menyatakan harapannya untuk memperkuat kerja sama dengan pemerintah Korea Selatan (Korsel). Dia mengatakan SK Bioscience, sebuah perusahaan farmasi Korea Selatan yang didukung oleh Gates Foundation, dapat memproduksi 200 juta vaksin per tahun mulai Juni tahun depan, setelah vaksin berhasil dikembangkan.

Gates terkesan dengan upaya Korsel dalam mengusahakan dan mempromosikan kesehatan global. Korsel juga cukup cepat dalam penelitian menemukan vaksin Covid-19.

Dalam sebuah surat Bill Gates kepada Presiden Korea Selatan Moon Jae-in mengatakan, ia terkesan dengan tanggapan Korea Selatan terhadap Covid-19.

“Bapak Gates menunjukkan rasa terima kasihnya kepada Presiden Moon dan Ibu Negara Kim Jung-sook atas kepemimpinan dan upaya mempromosikan kesehatan global di saat-saat seperti ini,” kata Yoon Jae-gwan, wakil juru bicara kantor kepresidenan Korsel Cheong Wa Dae, pada hari Minggu (26/7/2020).

“Dia menyatakan harapannya untuk bekerja lebih erat bersama dengan pemerintah Korea Selatan, terutama dalam perang melawan Covid-19 dan masalah kesehatan global lainnya,” tambahnya.

Presiden Moon dan Gates membahas tanggapan terhadap pandemi melalui telepon pada April lalu, tetapi ini adalah pertama kalinya pendiri Microsoft menulis surat kepada Kepala Negara Korsel.

Menurut kantor kepresidenan Korsel, Minggu (26/7/2020), Bill Gates percaya bahwa Korea Selatan telah berhasil memperlambat penyebaran virus dan memimpin perlombaan untuk mendapatkan vaksin. 

Gates melanjutkan, dengan mengatakan dia berharap bahwa vaksin itu akan membantu orang yang membutuhkan di seluruh dunia.

Miliarder filantropis itu juga berbagi rencananya untuk meningkatkan investasi dalam ‘Dana Tepat’ sebuah dana bersama yang dibuat oleh Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan Korea Selatan, Gates Foundation dan perusahaan biofarmasi Korea Selatan pada tahun 2018 dengan tujuan meningkatkan kesehatan masyarakat global.

Kerjasama kesehatan ini akan memakan investasi total 50 miliar won pada tahun 2022 dalam teknologi yang menjanjikan yang dapat membantu menanggapi penyakit menular. Jumlah 25 miliar won dari pemerintah Korea Selatan dan 12,5 miliar won dari Gates Foundation, selain itu ada beberapa foundation yang juga akan ikut ambil bagian.[] Anto



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *