Profil

Berkat Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa, Pemuda Subang Mampu Biayai Pendidikan Sendiri

BOGOR-KITA.com, SUBANG – Di tengah gemerlapnya dunia modern, semangat seorang pemuda bernama Trisno untuk menjadi peternak milenial patut diapresiasi. Kegigihannya dalam mengelola ternak domba di Desa Kaliangsana, Kecamatan Kalijati, Kabupaten Subang, Jawa Barat, menjadi bukti bahwa usia dan latar belakang tidak menjadi halangan untuk meraih cita-cita.

Trisno, seorang remaja berusia 16 tahun yang menjadi yatim piatu sejak kecil, tidak patah semangat dalam menjalani hidup. Ia tekun bekerja di kandang domba untuk membantu keluarganya dan membiayai sekolahnya. Keterampilannya dalam mengelola ternak domba pun terus berkembang, hingga akhirnya ia dipercaya menjadi peternak plasma mitra Tebar Hewan Kurban (THK) Dompet Dhuafa.

Kebahagiaan Trisno terlihat jelas ketika domba-domba hasil perawatanya lolos Quality Control Dompet Dhuafa. Ia bangga atas jerih payahnya yang membuahkan hasil. Keuntungan yang diperolehnya dari penjualan domba kurban akan membantu keluarganya dan membiayai pendidikannya.

Baca juga  Ridwan Kamil: Siapa Pun yang Terpilih Sudah Ketetapan Allah SWT

“Alhamdulillah masuk banyak ini domba saya,” ujar Trisno saat ditemui pada Minggu (9/6/2024).

Melalui program THK Dompet Dhuafa, Trisno mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan usahanya dengan pola kemitraan inti-plasma. Ia diberikan modal dan pelatihan untuk mengelola ternak domba dengan sistem modern. Keuntungan dari penjualan domba kurban dibagi dua, separuh untuk Trisno dan separuh lagi untuk Dompet Dhuafa.

“Alhamdulillah saya seneng banget. Gak kerasa sudah mau satu tahun. Semoga saya bisa jadi pengusaha domba sukses juga kayak yang lain. Biar bisa bantu adik bisa sekolah”, tutur Trisno yang sudah sejak kecil menjadi yatim dengan optimis.

Dompet Dhuafa tidak hanya fokus pada penyediaan hewan kurban yang berkualitas, tetapi juga berkomitmen untuk memberdayakan masyarakat. Program THK Dompet Dhuafa membantu meningkatkan taraf hidup peternak seperti Trisno, sekaligus mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) tujuan 12, yaitu Konsumsi dan Produksi yang bertanggung jawab.

Baca juga  Pilpres di Jabar: Suara Prabowo Naik 1,8 Juta, Jokowi 1,2 Juta

Dompet Dhuafa mengajak semua pihak untuk berperan serta dalam program THK dan membantu mewujudkan cita-cita para peternak muda seperti Trisno. Melalui program ini, kita dapat membantu mereka mencapai kemandirian ekonomi dan meningkatkan kualitas hidup mereka.

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top