Jeram di Kelurahan Genteng, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor.

Arung Jeram Cisadane, Destinasi Wisata Baru di Kota Bogor

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Ada destinasi wisata baru di Kota Bogor. Lokasinya, di Kelurahan Genteng Kecamatan Bogor Selatan. Jenisnya arung jeram atau ngalun. Karena ngalunnya di Sungai Cisadane, maka destinasi wisata baru itu diberi nama Cinta Cisadane (Cadas).

Wisata Cadas ini terbentuk saat warga bersama lurah dan element masyarakat lainnya melakukan bersih bersih di Sungai Cisadane.

“Saya bersama lurah, Babinsa, Babinkamtibmas, LPM dan warga awalnya  bersih-bersih sungai Cisadane, namun Pak Lurah mempunyai ide kalau tempat ini bagus dijadikan tempat wisata,” ucap pengelola wisata Cadas yang juga Ketua RT 02 RW 05 Kelurahan Genteng, Muhammad Mulyana saat ditemui di lokasi, Sabtu (19/9/2020).

Saat ini, lanjut pria yang akrab disapa Jaber, mengungkapkan wisata Cadas ini dikelola oleh warga RT 02 Kelurahan Genteng.

“Untuk masuk ke wisata ini tidak dipungut biaya atau gratis, namun untuk ngalun tersebut pengunjung bisa sewa ban, pelampung dan helm safety kepada pengelola mulai dari Rp2 ribu sampai Rp5 ribu. Hasil itu kita kumpulkan untuk pembenahan wisata Cadas ini,” ungkapnya, seraya menambahkan bahwa ke depan di wisata cadas ini akan memberdayakan UMKM milik warga sekitar.

Baca juga  Peyeum Ketan Pamela, Oleh-oleh Khas Kuningan

Sejak dibuka dua bulan lalu wisata Cadas banyak dikunjungi warga sekitar, bahkan anggota DPRD Kota Bogor pun banyak yamg menyempatkan diri datang berkunjung.

Salah satunya Mardiyanto, anggota Komisi II DPRD Kota Bogor ini ingin mencoba ngalun di wisata yang memiliki lintasan 2 kilo meter.

Mardiyanto mengapresiasi objek wisata Cadas.

“Baru kali ini wisata arung jeram ada di Kota Bogor, ini suatu hal yang sangat menarik dan bisa menjadi destinasi wisata bagi warga Kota Bogor dan sekitarnya,” ucap Mardiyanto.

Namun, lanjut Mardiyanto, untuk meningkatan potensi wisata Cadas, perlu dukungan dari berbagai pihak seperti pemerintah dan warga sekitar agar potensi yang ada ini bisa lebih berkembang.

“Selain berwisata di sini, juga bisa sambil menjaga alam, selain lokasinya masih asri, tempatnya juga tidak terlalu berbahaya bagi masyarakat,” katanya.

Mardiyanto menambahkan, karena di lokasi wisata ini infrastrukturnya masih belum memadai, maka perlu ada kerjasama yang baik dengan berbagai pihak.

“Saya berharap dengan adanya wisata Cadas ini akan menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Bogor,” pungkasnya. [] Ricky



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *