Bupati Bogor Ade Yasin dalam acara Refleksi Akhir tahun di Lapangan Tegar Beriman, Cibinong, Selasa (31/12/2019) malam.

Ade Yasin: Wujudkan Panca Karsa Melalui Passion, Innovation, Collaboration

BOGOR-KITA.com, CIBINONG – Wujudkan Panca Karsa melalui passion, innovation, dan collaboration. Hal ini dikemukakan Bupati Bogor Ade Yasin dalam acara Refleksi Akhir Tahun 2019 bertajuk Malam Harmoni Bogor, di Lapangan Tegar Beriman, Cibinong, Selasa (31/12/2019), pukul 23.00 WIB.

Dalam teks pidato berkop surat Pemkab Bogor disebutkan, hadir dalam acara Wakil Bupati Bogor, Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor, Ketua, Wakil Ketua, dan Anggota DPRD Kabupaten Bogor, jajaran Forkopimda Kabupaten Bogor, para Kepala Perangkat Daerah, Direksi BUMD, Pimpinan Instansi Vertikal di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bogor, tokoh masyarakat, tokoh perempuan, Pengurus BMKT, tokoh pemuda dan lain sebagainya.

Berikut refeleksi akhir tahun selengkapnya.

Hari ini tepat satu tahun saya bersama pak iwan setiawan menjabat sebagai bupati dan wakil bupati bogor. dalam nanajemen apa pun, termasuk manajeman pemerintah daerah, momentum satu tahun adalah momentum untuk melakukan evaluasi, momentum melakukan refleksi.

Momentum itu lazim dilakukan, karena pada awal tahun 2019 kita menggariskan program sebagai landasan kerja.  pada hari ini, jadwal pelaksanaan semua program itu, sudah berakhir dan akan digantikan oleh program baru yang juga sudah kita rancang bersama sebagai program bersama untuk direalisasikan mulai januari 2020 sampai desember 2020.

Evaluasi dan refeleksi dilakukan bukan untuk mencari-cari kesalahan melainkan untuk mengetahui apa yang sudah dan yang belum kita lakukan, sebagai bahan bagi kita untuk mencanangkan tekad guna menorehkan kinerja lebih optimal mulai awal sampai akhir tahun yang baru.

Hadirin yang berbahagia,

Selama satu tahun diamanahi menjadi Bupati Bogor, tanpa disadari jam kerja saya jauh lebih tinggi saat saya diamanahi menjadi Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor selama kurun waktu 2013 – 2018. Selama menjadi bupati, hari libur Sabtu dan Minggu nyaris tidak berhenti, adakalanya melaksanakan dua atau tiga agenda kegiatan.

Kalau saya mengatakan jam kerja saya lebih panjang, tentu bukan karena saya ingin pamer atau mengeluh, sebaliknya saya merasa masih kurang. Jika jarum jam bisa diperpanjang lebih dari 24 jam dalam sehari, saya pasti setuju.

Sesekali terlintas di benak saya untuk bertanya, dengan jam kerja yang lebih panjang itu, mengapa saya tidak merasa lelah, mengapa saya tidak jatuh sakit? 

Saya yakin itu karena ada passion, ada semangat, ada motivasi kuat untuk membangun Kabupaten Bogor.

Saya yakini passion ini yang menjaga kesehatan saya, yang membuat saya tidak merasa lelah

Hadirin yang berbahagia,

Alhamdullilah, selama satu tahun ini, Pemkab Bogor sudah meluncurkan dan merealiasi 47 program besar dalam kerangka panca karsa.   Rinciannya, 3 program terkait karsa Bogor Cerdas, 2 program karsa Bogor Sehat, 12 program karsa Bogor Maju, 6 program karsa Bogor Membangun, dan 24 program karsa Bogor Berkeadaban.

Dari keseluruhannya telah memberikan kepada kita penghargaan, yaitu 1 (satu) penghargaan internasional, 19 (sembilan belas) penghargaan tingkat nasional, dan 25 (dua puluh lima) penghargaan tingkat provinsi.

Berdasarkan pencapaian ini, Kabupaten Bogor menjadi kabupaten terbaik keempat dari 425 (empat ratus dua puluh lima) kabupaten se-Indonesia.

Saya mengapresasi dan berterima kasih kepada semua pihak mulai dari perangkat daerah di tingkat bawah rt, rw, kadus, lurah, kades, camat, asn, kepala dinas, dunia usaha, lembaga, akademisi, mahasiswa, kelompok pemuda, dan pihak lain yang telah berkontribusi merealisasikan program dan yang mengantarkan kita meraih penghargaan.

Terkait capaian kinerja Pemerintah Kabupaten Bogor sudah tervisualisasi dalam bentuk video mapping sehingga saya tidak perlu lagi menjelaskannya kembali.

Namun yang perlu saya tegaskan di sini ialah bahwa kami sudah berani melakukan berbagai macam terobosan.

Terobosan ini membuktikan bahwa pemerintah Kabupaten Bogor sudah keluar dari zona nyaman dan masuk ke era dynamic government, serta mampu mengubah mindset sesuai cara berpikir global.

Saat ini pemerintahan kita governing government yaitu pemerintahan yang sedang bekerja. Kita harus bergandengan tangan, bersatu seperti pesan presiden joko widodo: “berderap bersama menuju indonesia maju”.

Masyarakat Kabupaten Bogor yang saya cintai,

Tahun 2020 mendatang hal-hal yang sudah diraih ini tentu harus ditingkatkan. Dalam konteks ini saya ingin kembali menekankan arti peran penting passion, innovation dan collaboration.

Ketiga kata kunci ini, selalu terbuka untuk kita kembangkan dan kita kelola menjadi sesuatu yang bernilai tinggi.

Kita punya program panca karsa, kita juga sudah punya Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD ) tahun 2018-2023.

Semua itu tidak mungkin kita gapai hanya dengan mengandalkan APBD. Kita juga bukan superman, sehingga kita tidak mungkin mengerjakan semuanya sendiri.

Oleh sebab kita harus membentuk diri menjadi super tim dengan membuka diri berdialog dan menjalin kerja sama dengan unsur pentahelix, baik dalam kerangka inovasi, dalam kerangka sosialisasi, publikasi, maupun pembiayaan.

Passion, innovation dan collaboration adalah inti dari keseluruhan refleksi akhir tahun yang saya sampaikan pada malam ini.

Saya mengajak seluruh unsur Pemkab Bogor mulai dari dinas, camat, sampai kepala desa dan seluruh jajarannya, agar awal tahun 2020 mulailah menjalin komunikasi dengan semua unsur pentahelix guna merealisasi program panca karsa dan mulai memasarkan RPJMD.

Mari kita jadikan tahun 2020 sebagai tahun menggapai panca karsa melalui passion, innovation dan collaboration.

Turunlah ke lapangan, kontrol realisasi program yang sudah direncanakan, berbicaralah dengan rakyat dan dengarkan bisikan nurani mereka.

Saya sendiri akan memperbesar porsi turun ke lapangan baik dalam rangka mengontrol realisasi program pembangunan, berdiskusi dan mendengarkan bisikan rakyat.

Namun demikian, jangan ragu, jika hal itu terkait program inovasi untuk pembangunan Kabupaten Bogor, saya siap membuka diri dan meluangkan waktu, malam hari sekalipun.

Pendopo Bupati adalah pendopo rakyat, pendopo kita semua.

Mengakhiri pidato ini, saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada alim ulama, para kyai, habaib, yang sudah mengawal saya selama satu tahun ini.

Saya juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Ketua dan anggota DPRD serta Forkopimda karena mampu bersinergi dengan baik.

Semoga sinergitas yang telah dibangun ini terus terjalin dengan kuat demi kemaslahatan masyarakat Kabupaten Bogor.

Tak lupa saya pun berterima kasih kepada mitra kerja saya mulai dari rt, rw, kades, lurah, camat, kepala dinas, semua ASN Kabupaten Bogor yang telah bekerja keras membantu saya menjalankan roda pemerintahan ini.

Untuk semua masyarakat Kabupaten Bogor yang saya cintai, selamat tahun baru 2020. Mari kita songsong tahun baru dengan penuh optimisme dan keyakinan bahwa kita semua mampu membawa Kabupaten Bogor menuju Kabupaten Termaju, Nyaman dan Berkeadaban.

Wallahulmuwafiq ilaa aqwamiththoriq

wassalamu ’alaikum wr.wb.

Bupati Bogor

Ade Yasin

[] Admin



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *