Kab. Bogor

Ade Yasin Resmikan Instalasi Pengolahan Air di Tenjo

Ade Yasin Resmikan Instalasi Pengolahan Air di Tenjo
Ade Yasin Resmikan Instalasi Pengolahan Air di Tenjo

BOGOR-KITA.com, TENJO – Bupati Bogor Ade Yasin meresmikan Instalasi Pengolahan Air (IPA) atau Water Treatment Plant (WTP) yang terletak di Desa Bojong, Kecamatan Tenjo, Rabu (24/3/2021).

Dalam peresmian itu, Ade Yasin juga didampingi Wakil Bupati Iwan Setiawan dan Kepala Dinas PUPR Kabupaten Bogor Soebiantoro.

IPA merupakan sistem atau sarana yang berfungsi untuk mengolah air dari kualitas air baku  terkontaminasi untuk mendapatkan perawatan kualitas air yang diinginkan sesuai standar mutu atau siap untuk dikonsumsi.

IPA di Desa Bojong akan mengolah air yang bersumber dari Sungai Cidurian.

Diketahui, sejak tahun 2013 Kecamatan Tenjo, Kabupaten Bogor yang terdiri dari 9 desa dihadapkan dengan permasalahan sulitnya kebutuhan air bersih terutama pada musim kemarau. Untuk itu, Pemda Kabupaten Bogor melalui Dinas PUPR membangun Water Treatment Plant (WTP) atau IPA.

Baca juga  Pimpin Boling di Bojonggede, Ade Yasin Disambut Ribuan Masyarakat

“Hari ini saya resmikan bangunan SPAM (Sistem Penyediaan Air Minum) WTP di Desa Bojong Kecamatan Tenjo, untuk menjawab keluhan warga Tenjo selama ini. Walau sempat mangkrak,  tapi saya terus dorong pembangunan SPAM ini, sampai hari ini alhamdulillah dapat saya resmikan,” kata Ade Yasin.

Ade Yasin menambahkan, IPA tersebut berkapasitas 20liter/detik yang akan difungsikan untuk mengairi sembilan desa di Kecamatan Tenjo. Perlu diketahui, pembangunan IPA ini dilaksanakan sudah sejak tahun 2015 yakni saat periode Bupati Rahmat Yassin, mulai dari pembebasan lahan sampai konstruksi.

“Saya harap keberfungsiaan WTP ini bisa dioptimalkan sebaik mungkin, sehingga distribusi kebutuhan air bisa merata dan dirasakan oleh semua lapisan masyarakat dari rumah ke rumah. Saya titip air ini kepada masyarakat, tolong gunakan airnya dengan bijak,” pesan Ade Yasin.

Baca juga  Sudah Kembali ke Rumah, Korban Banjir Gunung Mas Apresiasi Gerak Cepat Pemkab 

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Bogor Soebiantoro, mengatakan Water Treatment Plant (WTP) atau Instalasi Pengolahan Air (IPA) ini merupakan sarana yang penting di seluruh dunia yang akan menghasilkan air bersih dan sehat untuk dikonsumsi.  [] Hari

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top