900 Ribu Bansos Jabar Disalurkan, Ini Cara Cek Nama Penerima

BOGOR-KITA.com, KOTA BANDUNG РPemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jawa Barat (Jabar) sudah menyalurkan tahap pertama sebanyak 900 ribu bantuan sosial atau bansos, tunai dan pangan kepada Keluarga Rumah Tangga Sasaran (KRTS), baik warga di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang rutin tercatat oleh pemerintah sebagai ekonomi bawah maupun non DTKS yakni miskin baru atau warga terdampak dari pandemi COVID-19.

Apakah data penerima sudah sesuai dengan yang diharapkan? Pemprov Jabar maju selangkah dengan mneyempurnakan keterbukaan informasi melalui Sistem Online Data Penerima Bantuan Sosial atau Solidaritas.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jabar, Setiaji, mengatakan, data yang disajikan di SOLIDARITAS memuat informasi jenis dan status alokasi bansos yang dilengkapi jumlah total penerima manfaat di masing-masing wilayah. 

“Jadi di dalamnya khusus berkaitan dengan bansos, masyarakat nanti bisa melihat data penerima bansos, siapa saja, dan dari mana sumbernya. Di situ tersajikan, penerima PKH berapa juta Kepala Keluarga (KK), terus bansos provinsi berapa Kepala Keluarga,” kata Setiaji, Kamis (4/6/2020), dilansir dari situs Pikobar.

BOGOR-KITA.com coba membuka sistem informasi yang disebut S0lidaritas tersebut, walaupun tidak bisa mengecek nama-nama penerima karena harus disertai NIK.

Cara mencecek data penerima bansos di fitur Solidaritas tersebut cukup mudah dan tidak berbelit-belit. Cukup masuk ke web bansos.pikobar.jabarprov.go.id

Setelah terbuka, bertemu dengan tiga fitur, yakni pencarian penerima bantuan, statistik bantuan Jawa barat, dan statistik bantuan untukmkabupaten kota di Jawa barat.

Jika sekadar ingin mengecek nama penerima klik fitur pencarian penerima bantuan. Jika seorang calon penerima bansos ingin mengetahui apakah namaya sudah terdaftar, cukup masukkan NIK, pilih daerah dan seterusnya.

Ingin memulai? Klik di sini, https://bansos.pikobar.jabarprov.go.id/. Selanjutnya ikuti petunjuk.

[] Admin



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *