Kab. Bogor

Mahasiswa IPB Temukan Jamur Menyala di Kampus Dramaga Bogor

Jamur menyala

BOGOR-KITA.com, DRAMAGA – Jamur menyala. Ini menjadi catatan baru sekaligus kejutan bagi IPB University. Jamur  menyala itu ditemukan bulan lalu oleh mahasiswa IPB University dari Uni Konservasi Fauna (UKF) saat sedang melakukan monitoring satwa di Kampus IPB Dramaga, Bogor.  Jamur ini ditemukan di bagian utara wilayah kampus.

“Temuan ini menjadi kejutan bagi setiap mata yang memandang karena keindahan cahaya yang dipancarkan. Jamur bermarga Mycena ini tampak begitu terang di tengah gelapnya hutan kampus pada malam hari,” ujar salah satu mahasiswa dari tim UKF dalam rilis dari IPB University kepada BOGOR-KITA.com, Rabu (10/3/2021).

Berdasarkan penelitian, terdapat delapan marga jamur yang ada di IPB University dan seluruhnya merupakan jamur Basidiomycota.

Baca juga  Ade Yasin Berkomitmen Memajukan Petani Kabupaten Bogor

Dalam penelitian tersebut tidak tercatat adanya keberadaan dari jamur menyala dari marga Mycena, sehingga dapat dikatakan temuan jamur ini oleh Tim UKF adalah catatan baru.

“Salah satu lokasi ikonik habitat jamur menyala adalah Taman Nasional Gunung Halimun Salak, tepatnya di Resor Cikaniki, kurang lebih 50 kilometer dari Dramaga,” imbuhnya.

Kemampuan menyala yang dimiliki oleh jamur Mycena disebut sebagai bioluminesensi. Fenomena bioluminesensi terjadi karena adanya proses reaksi kimia alami sehingga menghasilkan emisi cahaya pada tubuh jamur. Bioluminesensi juga dapat ditemukan pada bakteri dan organisme perairan dengan fungsi pancaran yang berbeda-beda.

Fungsi bioluminesensi pada jamur Mycena adalah untuk memikat serangga dalam membantu proses penyebaran spora. [] Admin

Baca juga  Koperasi PWI Kota Bogor Buka Unit Usaha di Pasar Induk Kemang
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top