Regional

240.426 Paket Bansos Pemprov Jabar Disalurkan ke 27 Kabupaten Kota

BOGOR-KITA.com, KOTA BANDUNG – Sampai dengan tanggal 16 Mei 2020 pukul 12.00 WIB, paket bansos yang sudah disalurkan sebanyak 240.426 paket, baik kepada Keluarga Rumah Tangga Sasaran (KRTS) Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS),  maupun kepada KRTS non DTKS penerima bansos.

Saat ini sedang diupayakan penyaluran paket bantuan, baik dari data DTKS maupun non DTKS, tahap pertama, dijadwalkan selesai tanggal 23 Mei 2020 sebelum Idulfitri.

Hal ini dikemukakan Kepala Dinas Industri dan Perindustrian (Indag) Provinsi Jabar Mohammad Arifin Soedjayana, di Bandung, Sabtu (16/5/2020).

Arifin mengatakan, terdapat sejumlah kendala saat proses pendistribusian. Selain proses verifikasi dan validasi data penerima bansos yang memerlukan waktu, juga lokasi penerima bansos.

“Untuk daerah perkotaan penyaluran bisa diselesaikan lebih cepat, sedangkan untuk daerah-daerah yang terpencil membutuhkan waktu dan tenaga ekstra,” katanya.

Kendala lain adalah bila ada penolakan penyaluran baik dari masyarakat maupun aparat. Hal ini membuat target penyaluran menjadi mundur dan tidak dapat diselesaikan sesuai waktu yang disepakati.

Baca juga  Ridwan Kamil Berharap Jabar Jadi Contoh Desa Digital

Guna menyelesaikan kendala tersebut, kata Arifin, pihaknya intens berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota dan TNI/POLRI. Tujuannya supaya pendistribusian berjalan optimal.

“Monitoring dan evaluasi secara berkala terus dilakukan agar setiap permasalahan yang muncul dapat segera dicarikan solusinya dan diselesaikan,” ucapnya, dilansir dari Humas pemprov Jabar.

Arifin mnegaskan, pendataan penerima bantuan sosial di Jabar bukan perkara mudah, karena ada delapan jenis bantuan dari instansi yang berbeda-beda. Pendataan secara berjenjang dan keterlibatan semua pihak amat diperlukan, agar penyaluran tepat sasaran dan berkeadilan, sekaligus menghidnari polemik saat pendistribusian. [] Admin

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 75 = 78

Terkini

To Top