100 UKM Bakal Ramaikan Gebyar UKM Juara dan Agribisnis Festival 2019

BOGOR-KITA.com- Sebanyak 100 Usaha Kecil dan Menengah (UKM) akan memeriahkan Gebyar UKM Juara Kota Bogor dan Agribisnis Festival 2019 yang digelar 28-29 September mendatang, di Lapangan Kampus IPB Baranangsiang, Jalan Pajajaran. 36 UKM diantaranya merupakan UKM Juara Kota Bogor.

Dukungan dan apresiasi disampaikan Wali Kota Bogor, Bima Arya. Dia berharap melalui acara tersebut UKM di Kota Bogor dapat naik kelas.

“Melalui kegiatan ini diharapkan para UKM Kota Bogor bisa mendapatkan ruang yang lebih luas sehingga mampu naik kelas, mengembangkan dan meningkatkan kualitas produk dan hal lain  terkait produknya,” kata Bima di Pendopo VI, Perumahan Baranangsiang Indah, Katulampa, Kecamatan Bogor Timur, Selasa (10/9/2019).

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KUKM) Kota Bogor, Anas Rasmana menyebutkan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari UKM Nasional yang jatuh pada 29 September dan menjadi program Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan (hastag) #UKMJuara. Diharapkan kedepan UKM mampu mendukung program Sustainable Development Goals (SDG) yang merupakan program nasional.

“Kami harap produk UKM berkesinambungan, berkualitas, berdaya saing sehingga siap memasuki pasar internasional. Selain diikuti 100 UKM, juga diikuti himpunan pengusaha agrobisnis, paguyuban UKM serta melibatkan instansi layanan, diantaranya Bapenda, BPJS, Dinas Kesehatan dan yang lainnya,” kata Anas.

Dosen IPB, Achmad Firman Wahyudi selaku koordinator UKM Juara menuturkan, Gebyar UKM Juara Kota Bogor dan Agribisnis Festival 2019 akan dimeriahkan beberapa agenda, diantaranya galeri produk UKM Juara Kota Bogor, produk agribisnis lokal kreatif, lomba foto sebagai partisipasi dari masyarakat dan forum diskusi mahasiswa agribisnis se Indonesia, serta seminar atau talkshow dengan tema peran UMKM dalam SDG dan masuk ke pasar  internasional.

“Selain itu ada bisnis matching yang akan mempertemukan para pelaku UMKM dengan potential buyer dari luar dan dalam negeri. Selain sebagai ajang promosi akan kita usahakan untuk membuka pasar yang lebih luas bagi produk UKM Kota Bogor melalui keterlibatan marketplace online maupun offline. Secara umum harapan kita ingin menciptakan dan melaksanakan kerja sama Pentahelix (ABCGM), sehingga bisa mewadahi dan mendukung UKM Kota Bogor untuk naik kelas,” jelas Firman.

Sebelum  acara Gebyar UKM Juara Kota Bogor dan Agribisnis Festival 2019, 25 – 27 September akan terlebih dahulu diselenggarakan kegiatan pelatihan sertifikasi dan pendamping kewirausahaan dalam rangka meningkatkan kompetensi dan pengetahuan sikap oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). [] Admin / Humpro Setdakot Bogor



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *