Kab. Bogor

Wujudkan Desa Digital, Pemdes Ciseeng Berikan 11 Layanan Publik Lewat Online

CISEENG – Saat ini adalah era digitalisasi, dimana bidang teknologi informasi dan komunikasi mampu memberikan banyak kemudahan bagi masyarakat, termasuk bagi apara aparatur pemerintahan dalam memberikan pelayanan publik.

Salah satu bentuk kebermanfaatan di bidang teknologi ini bisa mewujudkan desa pintar yang memberikan layanan secara daring (online) dengan membuat sebuah sistem aplikasi berbasis website dan dapat diakses melalui handphone.

“Salah satu contohnya dengan membuat aplikasi digitalisasi layanan Pemerintah di Desa Ciseeng, Kecamatan Ciseeng Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Kami dari Tim PkM Universitas Yarsi telah membuat aplikasi layanan publik melalui website resmi yang dapat diakses https://desaciseeng.com/,” ujar Drs. Suhaeri, MT. Ketua Tim PKM Universitas Yarsi, Kamis (3/11/2022).

Baca juga  Warga Harap Pembangunan RSUD Parung Terealisasi Tahun Ini

Ia menjelaskan, Universitas Yarsi telah bekerjasama dengan Pemerintahan Desa Ciseeng guna pengembangan kapasitas dan sumber daya manusia (SDM) guna terciptanya aparatur pemerintahan desa yang cekatan dalam tugasnya melayani kebutuhan warga masyarakat.

“Program ini sekaligus sebagai wujud dari salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu bidang Pengabdian Kepada Masyarakat,” jelas Drs. Suhaeri, MT.

Kepala Desa (Kades) Ciseeng Rahmat Bukhori Muslim menyampaikan Terima kasih kepada dosen dan mahasiswa Universitas Yarsi yang tergabung dalam tim pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang telah berhasil mengembangkan aplikasi layanan publik berbasiskan website dan mobile.

“Saat ini ada 11 item layanan masyarakat yang bisa dilakukan secara online. Antara lain layanan surat pembuatan KTP, surat pindah, surat keterangan kelahiran dan surat ijin keramaian,” ungkap Kades yang akrab disapa RBM ini.

Baca juga  Distribusi Bansos Beras Tahap II di Desa Parigi Mekar Lancar

“Program aplikasi digital pelayanan bagi publik ini sangat membantu kinerja dari aparatur Pemdes Ciseeng dalam upaya mewujudkan pemerintahan desa dengan pelayanan terbaik dan terpadu terhadap masyarakat,” pungkasnya. [] Fahry

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top