Soumya Swaminathan

WHO: Satu atau Dua Vaksin Covid-19 Bakal Ditemukan Akhir 2020 dan Siap Diperbanyak Ratusan Juta Dosis

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) optimistis akan ditemukan satu atau dua vaksin Covid-19 pada akhir tahun 2020 yang siap diperbanyak ratusan juga dosis untuk disebar ke seluruh dunia.

Pada Kamis (18/6/2020), WHO menjelaskan, pihaknya berharap untuk memproduksi beberapa ratus juta dosis vaksin virus corona pada akhir tahun dan hingga dua miliar pada akhir tahun depan, ketika perusahaan farmasi terus mencari vaksin.

Menurut kantor berita Reuters, WHO sedang membuat rencana untuk memutuskan siapa atau negara mana yang berhak menerima batch dosis pertama begitu vaksin disetujui.

“Jika kita sangat beruntung, akan ada satu atau dua kandidat vaksin yang sukses sebelum akhir tahun ini,” kata kepala ilmuwan WHO Soumya Swaminathan dalam konferensi pers virtual, seperti dikutip foxnews.com.

Swaminathan mencatat, prioritas harus diberikan kepada pekerja garis depan, seperti dokter, perawat dan lain-lain yang rentan terhadap Covid-19. Kemudian orang tua dan mereka yang memiliki kondisi kesehatan mendasar.

“Anda harus mulai dengan yang paling rentan dan kemudian semakin memvaksinasi lebih banyak orang,” kata Swaminathan.

“Tetapi karena semua investasi dilakukan untuk ini, katakanlah kita memiliki dua miliar dosis pada akhir tahun 2021, kita harus dapat memvaksinasi setidaknya populasi prioritas ini,” tambah Swaminathan.

Swaminathan mencatat, data analisis genetik yang dikumpulkan sejauh ini menunjukkan bahwa Covid-19 belum bermutasi dengan cara yang akan mengubah keparahan penyakit tersebut.

Pada hari Rabu, WHO mengumumkan, mereka akan menghentikan uji coba hydroxychloroquine setelah bukti menemukan bahwa itu tidak berpengaruh pada pengurangan angka kematian, durasi tinggal di rumah sakit dan kebutuhan ventilasi untuk pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit. [] Anto



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *