Kab. Bogor

Wabup Bogor Instruksikan Arsip Dikelola dengan Baik

BOGOR-KITA.com, CIBINONG –Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan meminta Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah mengelola data kearsipan dengan baik.

“Bagaimana arsip dari mulai tingkat OPD, kecamatan dan desa lengkap dan komplit, kita tidak bisa lari dari arsip untuk data pembangunan, data infrastruktur dan data masyarakat semuanya ada di arsip,”katanya saat membuka kegiatan magang pengelolaan kearsipan di Kantor Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah, Cibinong, Selasa (17/3/2020).

Dirinya juga sangat mengapresiasi, kepada kemampuan khusus petugas arsip dan akan memberikan Tunjangan Perbaikan Penghasilan (TPP) untuk diberikan reward (penghargaan.red) tambahan di setiap kecamatan dan desa.

“Jangan disamakan, tugasnya mengedukasi dan menyelamatkan data, dan ini akan serius kalau hanya disamakan nanti tidak ada kwalitas yang baik,” tukasnya.

Baca juga  Wabup Iwan Setiawan: CPNSD Terlibat Narkoba Dipecat

Dinas Arsip dan Perpusatakaan Daerah  (DAPD) Kabupaten Bogor mengelar acara magang pengelolaan kearsipan untuk meningkatkan wawasan serta pengetahuan tentang kearsipan yang diikuti perwakilan dari setiap Kecamatan dan OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bogor.

Kepala Dinas Arsip dan Perpusatakaan Kabupaten Bogor,  Luthfie Syam mengatakan maksud dan kegiatan ini untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan keterampilan tentang manajemen atau sistem kearsipan melalui petugas pengelolaan kearsipan di masing-masing perangkat daerah dan Kecamatan.

Lanjut mantan Kepala dinas Pendidikan Kabupaten Bogor ini, latar belakang kedua yaitu tahun ini pihaknya akan melaksanakan audit kearsipan di semua OPD, desa dan kecamatan sesuai dengan peraturan Undang-Undang dari pemerintah pusat.

Baca juga  Ade Munawaroh Sebagai Wabup Bogor, Mengobati Kerinduan Simpatisan Rachmat Yasin

“Harusnya ini sudah berjalan dari dua tiga tahun yang lalu. Tapi belum bisa kami jalankan, kan gak mungkin juga kami melakukan audit tapi teman-teman di OPD diberikan pemahaman di arsip ini dari mulai diciptakan sampai dipelihara,” lanjutnya.

Untuk diketahui, sebanyak 40 peserta dari mulai Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD), Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), staf desa dan kecamatan, di Kabupaten Bogor, melakukan kegiatan magang kearsipan di Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (DAPD) Kabupaten Bogor selama dua hari, 17 sampai 18 Maret 2020.[] Admin

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top