Usmar Hariman Jamu Peserta Konferensi Internasional

Usmar Hariman

BOGOR-KITA.com – Wakil  Walikota  Bogor  Usmar  Hariman  menjamu  para  peserta  Konferensi  Internasional  ke-5  Forum  Study Jabodetabek di Ruang Rapat Tengah Balaikota Bogor, Senin (16/3/2015) malam. Acara dihadiri kurang lebih 50 orang perwakilan berbagai negara di antaranya dari Jepang, Singapura, dan Malaysia.

Dalam sambutannya Usmar mengharapkan melalui  konferensi  ini  para  peserta   bisa  memperoleh berbagai informasi aktual tentang model pembangunan  yang layak dikembangkan untuk wilayah Jabodetabek, termasuk berbagai permasalahan sosial, ekonomi dan budaya serta lingkungan.  “Namun yang paling penting, dengan  informasi  itu, diharapkan para  peserta  sekaligus  bisa  menyampaikan  dan  mengembangkan gagasan-gagasan inovatif yang dibutuhkan untuk mengawal suksesnya pembangunan wilayah Jabodetabek,” kata Usmar.

Pemerintah dan masyarakat warga Kota Bogor berkepentingan terhadap suksesnya konferensi ini, mengingat  Kota  Bogor  merupakan  salah  satu  bagian  dari  wilayah  Jabodetabek  yang  sedang  tumbuh  dan berkembang  menjadi  sebuah  mega  city di  Indonesia.  “Kami  memerlukan  gagasan,”  kata  Usmar  tentang gagasan yang akan diterapkan pada pembangunan wilayah Jabodetabek,  termasuk solusi yang dapat diterapkan untuk mengatasi problem sosial ekonomi dan budaya yang ada di wilayah Jabodetabek.

Gagasan-gagasan  tersebut, imbuh Usmar,  nantinya dapat diintegrasikan  ke dalam  rencana  pembangunan  Kota  Bogor sekarang dan dimasa depan. Selain itu menurut Usmar, Kota Bogor  perlu mempertahankan dan memperkuat diri sebagai wilayah pendukung yang efektif bagi wilayah Jakarta sebagai Ibukota negara dan Jabodetabek pada umumnya. “Itulah sebabnya kota ini harus terbangun dengan konsep yang terintegrasi dan selaras dengan pembangunan wilayah Jabodetabek,” pungkasnya.

Ketua Panitia Pengarah, Ernan Rustiadi, mengemukakan, kegiatan ini juga dilaksanakan dalam  rangka  melakukan kajian  tentang  kota-kota  di  dunia.  “Saya  berharap  Kota  Bogor  bisa  belajar  dari perkembangan kota-kota di dunia.  Mudah-mudahan Bogor bisa menjadi kota yang belajar dari pengalaman orang  lain  dan  isa  lebih  baik,”  kata Ernan Rustiadi yang juga salah  satu  dekan  di  Institut  Pertanian  Bogor  (IPB). [] Admin



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *