Kab. Bogor

‘Si Paman SAM’, Sistem dan Prosedur Pengamanan SAMISADE

BOGOR-KITA.com, CIJERUK – “Si Paman SAM” (Sistem dan Prosedur Pengamanan SAMISADE) adalah serangkaian Sistem Operasional Prosedur Administrasi serta penggunaan Sistem Aplikasi komputer dalam menyusun RAB (Rencana Anggaran Biaya) SAMISADE (satu miliar satu desa) untuk melakukan pengamanan suksesnya Program SAMISADE khususnya di Kecamatan Cijeruk Kabupaten Bogor.

“Si Paman SAM” dengan langkah evaluasi administrasi dan peninjauan/monitoring lapangan yang hasilnya dituangkan dalam sebuah “BERITA ACARA HASIL MONITORING DAN EVALUASI” yang berisi catatan capaian progres fisik kegiatan, catatan tentang kualitas dan volume pekerjaan serta realisasi keuangan dan bukti catatan pemenuhan ketentuan bukti administrasi/SPJ yang harus dipenuhi TPK (Tim Pelaksana Kegiatan).

Salahsatu masalah utama yang terjadi di desa dalam melaksanakan setiap kegiatan adalah masalah pembuatan Bukti pertanggungjawaban (SPJ) dan Pelaporan Hasil Kegiatan yang tidak tepat waktu dan belum memenuhi standar administrasi yang akuntable.

Baca juga  Pemdes Gadog Pasang Paving Blok Ribuan Meter Jalan Pakai Samisade

Dalam mengatasi permasalahan tersebut “Si Paman SAM” memberikan pelatihan dan briefing-briefing/Meeting Session dengan para Sekdes dan staf desa lainnya pada setiap hari Senin pagi setelah selesai   Apel Pagi di Kantor Kecamatan Cijeruk, para Sekdes diwajibkan hadir untuk mengikuti Apel Pagi.

Demikian juga Bintek-bintek khusus selalu diberikan kepada para staf desa seperti yang telah diuraikan diatas, baik yang dilaksanakan di kantor Kecamatan maupun di luar Kantor Kecamatan sebagi hasil kerjasama dengan PPDI (Paguyuban Perangkat Desa Indonesia) Wilayah Kecamatan Cijeruk. Sebagai tindak lanjut dari terbentuknya PPDI kemudian dibuatkan Group WA (Whats Up) PPDI, dengan demikian informasi dua arah antara Tim verifikasi Kecamatan denga seluruh perangkat desa dapat berjalan dengan baik.

Baca juga  IPB Terima 1.835 Mahasiswa Baru Melalui SNMPTN 2020
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top