Kab. Bogor

Sekretariat DPRD Kabupaten Bogor Kelola Kerasipan Dengan E-Surat

BOGOR-KITA.com, CIBINONG – Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi serta internet telah menjadi alat kekuatan untuk memikirkan kembali sistem pemerintahan dengan model yang baru. Teknologi Informasi dan Internet mendorong transformasi dan paradigma birokrasi tradisional (yang menekankan kepada standarisasi, rutinitas, spesialisasi, fokus internal dan kewenangan), menuju paradigma e-government (yang menekankan kepada membangun jaringan yang terkoordinasi, kerjasama eksternal dan orientasi pelayanan kepada customer/masyarakat sebagai fokusnya).

Oleh karena itu TI menjadi salah satu elemen utama dalam memperbaiki sistem managerial pemerintahan salah satunya untuk menjalankan tugas-tugas dengan baik Sekretariat DPRD Kabupaten Bogor membuat terobosan yaitu Aplikasi E-Surat.

“Teknologi harus kita manfaatkan agar dapat mempermudah tugas sehari-hari agar semakin cepat, efektif dan efisien,” ujar Drs. Ronny Sukmana, M.Si, Sekretaris DPRD Kabupaten Bogor saat itu.

Baca juga  Corona Kabupaten Bogor, Sembuh Meningkat, 42, Positif Meningkat, 32

Aplikasi E-Surat dirancang untuk membangun sebuah sistem yang mampu memudahkan pencatatan, pengelolaan atau pelaporan data persuratan yang meliputi segala aspek, serta terlaksanakannya pelaporan yang secara teratur dan sesuai prosedur yang berlaku, dan sebagai alat pengambilan keputusan dalam rangka pengelolaan data persuratan.

“Budaya digital harus menjadi bagian dari aktivitas kita untuk meningkatkan kinerja layanan kepada masyarakat” terangnya.

Proses pengurusan surat melalui aplikasi E-Surat yang tidak hanya dilakukan sebatas pencatatan surat masuk ataupun keluar tetapi juga menuntut adanya pengarahan surat dengan tepat, penyimpan surat sesuai dengan standar keamaan informasi isi surat, dan proses temu balik secara cepat dan tepat. [] Hari/IGA

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top