Kota Bogor

Sekda Kota Bogor Syarifah Sofiah Donor Plasma Darah untuk Membantu Pasien Covid-19

Sekda Kota Bogor Syariah Sofiah donor plasma darah di Gedung Graha Pena, Jalan K.H. Abdullah bin Nuh, Kota Bogor, Sabtu (20/2/2021).

BOGOR-KITA.com, BOGOR –  Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor yang pernah terinfeksi covid-19 mendonorkan darahnya untuk pasien covid-19.

Pengambilan darah dilakukan di Gedung Graha Pena, Jalan K.H. Abdullah bin Nuh, Kota Bogor, Sabtu (20/2/2021).

Donor darah penyintas covid-19 ini diinisiasi Temanco (Wadah Penyintas Covid-19) bersama PMI Kabupaten Bogor dan Radar Bogor.

Usai mendonorkan darah, Syarifah Sofiah mengajak penyintas covid-19 mendonorkan darahnya untuk menolong pasien covid-19 kondisi berat.

“Tidak sulit, hanya diambil darah saja, kalau syarat terpenuhi ayo sama-sama mendonorkan dan pasti akan sangat bermanfaat untuk pasien covid-19,” katanya.

Syarifah Sofiah mengatakan, banyak pasien covid-19 gejala berat yang membutuhkan plasma darah.

Aksi donor darah ini adalah kali kedua, dan berhasil menjaring 42 orang pendaftar untuk dilakukan screening awal.

Baca juga  Sekda Syarifah Puji HIPMI Latih Pemuda Kota Bogor Menjadi Pengusaha

“Ini disebut donor plasma konvalesen. Mereka yang donor ini sudah pernah terkena covid-19 dan sudah banyak kasusnya di Indonesia pasien covid-19 gejala berat di ICU terselamatkan oleh plasma darah yang didonorkan penyintas,” ujar Inisiator Temanco, Ara Wiraswara yang juga penyintas covid-19.

Ara menuturkan, donor plasma ini berbeda dengan donor darah. Hari ini dari 45 pendaftar hanya 25 orang yang lolos screening. Kemudian 6 orang diambil sampel darahnya.

Sampel ini, katanya, akan diuji di laboratorium untuk melihat tingkat kandungan antibodi apakah bagus atau tidak.

Jika hasilnya bagus, maka PMI Kabupaten Bogor akan menghubungi pendonor untuk datang ke PMI Kabupaten Bogor.

Dia mengemukakan, sampai saat ini plasma darah menjadi pengobatan covid-19 gejala berat yang murah dan tingkat efektivitasnya bagus. Sebab, banyak pasien covid-19 gejala berat yang berharap pada donor plasma penyintas.

Baca juga  Hari Juang Kartika, Resimen Armed 2/1 Kostrad Donorkan Darah  

Ara mengatakan, pihaknya menggelar aksi ini dan akan berupaya semaksimal mungkin mengajak penyintas covid-19 untuk donor plasma sebelum golden age antibodinya berakhir. [] Hari

 

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top