Satpam, Garda Terdepan Pengamanan

Satpam, Garda Terdepan Pengamanan

BOGOR-KITA.com – Ada yang menarik seusai Upacara HUT Satpam ke-36 Jumat (30/12/2016) di Mako Polres Bogor Kota, Kedung Halang. Pasalnya beberapa perwakilan dari 500 Satpam yang mengikuti upacara, menunjukan keterampilannya di hadapan seluruh hadirin. Tidak terkecuali Wali Kota Bogor yang saat itu sekaligus bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Keterampilan pertama ditunjukan puluhan Satpam Telkom Indonesia yang melakukan Peragaan Tongkat. Atraksi dilanjut dengan Peragaan Borgol dari Satpam perusahaan lainnya. Tak berhenti sampai disitu atraksi Peragaan Baris-berbaris puluhan Satpam perusahaan Rancamaya Bumame ikut membuat decak kagum penonton. Pertunjukan ditutup dengan belasan Satpam yang menunjukan keahlian bela diri karate dan judo sebagai salah satu kemampuan yang harus dimiliki Satpam.

Wali Kota Bogor, Bima Arya mengatakan,terbatasnya personil kepolisian dengan cakupan wilayah yang luas membuat peran serta Satpam Suakarsa sangat diperlukan. Satpam menjadi garda terdepan pengamanan baik itu di perumahan, perusahaan, dan lainnya. Maka, kemampuan satpam dalam melakukan deteksi, pengawasan, dan kordinasi dengan polisi sangat dibutuhkan di tengah meningkatnya kerawanan akan kejahatan. “Februari 2017 seluruh satpam akan dikumpulkan lagi untuk diberikan pembekalan khusus dan peningkatan kordinasi,” ujar Bima.

Kepala Satuan Bimbingan Masyarakat Polres Bogor Kota, Kompol Wijayanti mengatakan, kedepan tugas satpam akan lebih berat dan ancamannya cukup banyak sehingga satpam harus lebih sigap, tangguh dan peka dengan tugas dan tanggung jawabnya di lapangan. Polres Bogor Kota selalu rutin memberikan pembinaan dan pelatihan bagi Satpam. Pada pembinaan tersebut satpam diberikan penyuluhan tentang menghadapi kejadian ancaman atau gangguan di lapangan. “Dimanapun tempatnya bekerja, kerawanan kejahatan bisa saja terjadi, satpam dituntut kewaspadaannya,” pungkasnya. [] Admin



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *